Manfaat Mainan Pop It yang Perlu Bunda Tahu

Manfaat Mainan Pop It yang Perlu Bunda Tahu
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Tak cuma menyenangkan dan menghibur, mainan pop it juga punya banyak manfaat untuk anak lho, Bun. Manfaat mainan pop it ini salah satunya bisa meningkatkan fokus dan melatih kemampuan motorik halus anak.

Pop it merupakan jenis fidget toys yang dimainkan dengan cara menekan atau memencet gelembung di permukaannya. Mainan ini terbuat dari silikon dan tersedia dalam berbagai warna serta ukuran. Untuk menarik perhatian anak-anak, pop it memiliki bentuk yang beragam, mulai dari bentuk hewan hingga buah-buahan.

Manfaat Mainan Pop It yang Bisa Anak Dapatkan
Selain mengurangi rasa bosan, mainan juga bisa mendukung perkembangan kognitif, motorik, psikososial, emosional, dan bahasa anak. Menariknya, memberikan mainan bisa mendorong anak jadi lebih percaya diri dan kreatif.

Salah satu mainan yang cukup populer pada akhir tahun 2022 adalah pop it. Selain menawarkan cara memainkan yang cukup sederhana, mainan pop it juga punya beragam manfaat untuk perkembangan kemampuan gerak (motorik) hingga sensorik anak.

Apalagi, mainan ini terbuat dari silikon dan ukurannya besar, sehingga cenderung aman dimainkan oleh anak di segala usia. Bahkan, orang dewasa juga banyak yang suka bermain pop it, karena diyakini bisa meredakan stres.

Agar lebih jelas, yuk simak beberapa manfaat mainan pop it untuk anak berikut ini:

1. Mengurangi stres dan cemas
Stres dan cemas bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak-anak. Pada anak, stres biasanya ditunjukkan dengan beberapa tanda, seperti mudah marah, menolak untuk berangkat ke sekolah, tidak nafsu makan, atau susah tidur.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres dan cemas adalah dengan bermain pop it. Soalnya, aktivitas memencet gelembung di permukaan pop it memberi efek menenangkan bagi tubuh. Jika kondisinya sudah lebih tenang, gejala dan keluhan akibat rasa cemas dan stres pada anak juga akan mereda.

2. Meningkatkan fokus dan konsentrasi
Memainkan pop it juga katanya bisa meningkatkan prestasi akademis anak. Kok bisa?

Menurut penelitian, tubuh akan melepaskan dopamine dan norepinephrine saat tangan bergerak memencet gelembung pop it. Dua zat kimia ini berperan dalam meningkatkan fokus dan konsentrasi anak. Saat fokus dan konsentrasi meningkat, anak tentu akan lebih mudah menyerap pelajaran, baik di sekolah maupun di rumah.

Karena dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, mainan pop it ini bisa juga digunakan oleh anak dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) atau autisme.

3. Melatih kemampuan motorik halus
Gerakan memencet gelembung di permukaan pop it secara berulang nggak cuma bikin ketagihan, tetapi juga mampu melatih kemampuan motorik halus anak lho, Bun.

Saat memainkan pop it, anak akan terfokus pada gelembung mana yang akan ia pencet dengan jarinya. Nah, aktivitas ini melibatkan koordinasi antara jari tangan dan mata, yang menjadi kunci dari stimulasi kemampuan motorik halus anak.

Latihan kemampuan motorik halus dengan menggunakan mainan pop it ini bisa dimulai sejak anak berusia 1 tahun, ya.

4. Menstimulasi kemampuan sensorik
Bunda mencari sensory play yang dapat merangsang kemampuan indera anak? Pop it bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. Manfaat pop it tak terbatas untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi saja, tetapi juga bisa melatih indera pendengaran, penglihatan, dan peraba anak.

Saat dipencet, gelembung pop it akan menghasilkan suara yang cukup nyaring. Ini tentunya bisa melatih indra pendengaran. Kemudian, variasi warna dan bentuk pop it yang menarik dapat merangsang indra penglihatan anak. Sementara itu, aktivitas memencet setiap gelembung dapat melatih indera perabanya.

5. Melatih kemampuan berbahasa dan memecahkan masalah
Tak hanya sekadar memencet gelembung, manfaat mainan pop it juga bisa melatih kemampuan anak dalam berbahasa dan memecahkan masalah. Namun, Bunda dituntut untuk lebih kreatif bila ingin mendapatkan manfaat yang satu ini, ya.

Tenang, Bun. Caranya tidak serumit yang dipikirkan, kok. Bunda cukup menuliskan angka atau huruf di setiap bulatan gelembung pop it. Kemudian, berikan pertanyaan dan ajak anak untuk menjawabnya dengan memencet angka atau huruf yang tepat. Saat memencet angka atau huruf, mintalah ia untuk menyebut angka atau huruf tersebut.

Itulah beberapa manfaat pop it untuk anak yang perlu Bunda tahu. Siapa sangka, di balik warna dan bentuknya yang menarik, tersimpan beragam manfaat mainan pop it untuk tumbuh kembang anak, terutama anak dengan ADHD atau autisme.

Sebelum memberikan mainan pop it ke anak, selalu pastikan mainan tersebut aman untuk anak ya, Bun. Periksalah label kemasan mainan dan hindari mainan yang mengandung BPA, PVC, atau bahan pewarna beracun. Hindari pula mainan yang memiliki ujung runcing atau tajam, karena bisa saja melukai Si Kecil saat ia bermain.

Bila masih penasaran dengan manfaat mainan pop it atau mainan anak lainnya yang ngetren di media sosial, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan jawaban yang tepat.(R04)
SUmber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index