Solusi Rambut Rontok yang Paling Ampuh Sesuai Penyebabnya

Solusi Rambut Rontok yang Paling Ampuh Sesuai Penyebabnya
Ilustrasi

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Rambut rontok bisa menyebabkan penipisan rambut, bahkan kebotakan. Untuk mengatasinya, ada beragam solusi rambut rontok yang bisa dilakukan sesuai penyebabnya. Salah satunya adalah pemakaian produk perawatan rambut, khususnya sampo, yang memang khusus untuk rambut rontok.

Rambut rontok merupakan masalah rambut yang umum terjadi. Kondisi ini bisa dialami siapa saja, baik pria maupun wanita. Meski umum terjadi, rambut rontok bisa saja menyebabkan kebotakan bila terjadi terus-menerus tanpa diiringi pertumbuhan rambut yang sehat.

Biasanya, rambut rontok kerap terjadi karena lemahnya akar rambut atau rusaknya tempat rambut tumbuh (folikel). Pasalnya, kedua kondisi tersebut dapat mengakibatkan rambut menjadi lebih mudah tipis dan lepas karena terhambatnya pertumbuhan rambut.

Bila Anda mengalami kerontokan, tidak perlu khawatir. Ada sejumlah solusi rambut rontok yang ampuh untuk mengatasi masalah ini. Solusi tersebut perlu disesuaikan dengan penyebab rambut rontok, agar hasilnya lebih efektif untuk menghentikan kerontokan rambut serta membuat rambut Anda lebih tebal dan sehat kembali.

Berbagai Penyebab Rambut Rontok
Sebenarnya, dalam siklus pertumbuhan rambut, rambut rontok normal terjadi. Siklus rambut ini terdiri atas tiga tahap, yaitu anagen, katagen, dan telogen. Terutama pada fase terakhir, yaitu telogen, yang kerap membuat rambut rontok dari folikel secara alami karena siklus pertumbuhan rambut telah selesai.

Biasanya, kerontokan rambut yang disebabkan oleh siklus pertumbuhan, berkisar antara 50–100 helai sehari. Meski demikian, rambut rontok dapat pula disebabkan oleh hal lain.

Agar bisa menentukan solusi rambut rontok yang tepat, Anda perlu mengetahui dahulu apa saja hal yang bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Selain karena siklus pertumbuhan rambut, rambut rontok juga bisa disebabkan oleh berbagai hal berikut ini:

Akar rambut yang lemah
Rusaknya folikel atau tempat rambut tumbuh
Perubahan hormon, misalnya pada wanita karena kehamilan atau menopause
Kurangnya asupan nutrisi tertentu, seperti protein dan zat besi
Kebiasaan tertentu, seperti mewarnai rambut, mengikat rambut dengan kencang, atau terlalu sering keramas
Produk perawatan rambut yang salah, misalnya memakai sampo dengan kandungan yang tidak tepat
Pada kasus tertentu, rambut rontok bisa disebabkan oleh penyakit, seperti alopecia areata, alopecia androgenik, infeksi jamur di kepala, dan lupus. Penggunaan obat, hormon, atau terapi tertentu, seperti kemoterapi atau radioterapi untuk kanker, juga bisa menyebabkan rambut rontok.

Solusi Rambut Rontok Berdasarkan Penyebabnya
Berikut ini adalah beragam cara yang bisa dilakukan sebagai solusi rambut rontok, yaitu:

1. Gunakan sampo khusus rambut rontok
Seperti yang telah disebutkan, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat bisa menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu, saat mengalami rambut rontok, gunakanlah produk perawatan rambut untuk rambut rontok, khususnya sampo, karena produk ini Anda gunakan secara rutin hampir setiap hari.

Beberapa kandungan sampo khusus rambut rontok yang dinilai efektif adalah zinc dan dynagen, yaitu ekstrak ragi. Hal itu karena zinc dapat mempercepat penyembuhan folikel rambut yang rusak dan memperkuat rambut.

Sementara itu, dynagen bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut, mempertebal rambut, serta menguatkan akar rambut dan folikel rambut, sehingga baik untuk mengatasi kerontokan rambut. Maka dari itu, perawatan dengan Dynagen plus Zinc disarankan karena dapat mengurangi permasalahan akar rambut yang lemah.

2. Hindari penataan rambut yang berlebihan
Solusi rambut rontok lainnya adalah tidak melakukan penataan rambut secara berlebihan, misalnya mencatok rambut setiap hari atau sering mewarnai rambut. Tindakan ini bisa membuat rambut rapuh dan mudah patah, sehingga akan banyak rambut yang rontok saat disisir atau keramas.

Selain itu, hindari juga mengikat rambut terlalu kencang dan terlalu lama. Jika ingin mengikat rambut, sebaiknya gunakan ikat rambut yang dilapisi kain atau wol agar tidak terlalu menekan dan menarik rambut.

3. Cukupi kebutuhan nutrisi rambut dari makanan
Asupan nutrisi yang cukup juga diperlukan untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi itu, rambut pun akan menjadi lebih kuat dan kulit kepala lebih sehat sehingga tidak mudah rontok. Anda bisa memperoleh nutrisi untuk rambut dari konsumsi makanan.

Nutrisi makanan yang baik untuk rambut meliputi vitamin B7 (biotin), vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, protein, dan zat besi. Berbagai nutrisi ini dapat diperoleh dari daging tanpa lemak, telur, susu, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Jika dirasa tidak cukup, Anda bisa mengonsumsi suplemen multivitamin dan mineral.

4. Penuhi nutrisi rambut dari penggunaan produk perawatan rambut
Selain dari konsumsi makanan, Anda juga dapat mencukupi kebutuhan nutrisi rambut dengan menggunakan produk perawatan rambut. Cobalah memakai produk yang mengandung dynagen dan gliserin. Ini karena dynagen dapat memperkuat akar dan menutrisi rambut, sedangkan gliserin bisa menjaga kelembapan rambut.

Anda juga bisa coba memakai produk berkandungan minyak biji bunga matahari dan minyak biji anggur (grapeseed oil) untuk menutrisi rambut. Minyak biji bunga matahari bisa menguatkan rambut dan menjaga kulit kepala tetap sehat.

Sementara minyak biji anggur, kaya akan antioksidan, seperti vitamin E, flavonoid, dan asam linoleat, yang baik untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menebalkan rambut.

5. Konsumsi obat-obatan
Apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, solusi rambut rontok selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengonsumsi obat-obatan. Biasanya, pemberian obat-obatan dilakukan untuk rambut rontok yang disebabkan oleh perubahan hormon.

Untuk masalah tersebut, dokter dapat memberikan obat-obatan yang mengandung minoxidil dalam bentuk oles atau semprot ke kulit kepala. Dokter juga bisa memberikan obat minum, seperti finasteride untuk laki-laki dan spironolactone untuk wanita.

Sebagian besar masalah rambut rontok bisa diatasi hanya dengan solusi rambut rontok yang dilakukan secara mandiri. Namun, penting untuk diingat bahwa solusi rambut rontok perlu dilakukan secara konsisten dan sesuai dengan penyebabnya agar bisa memberikan hasil yang optimal.

Jika semua cara untuk mengatasi rambut rontok yang bisa dilakukan sendiri di rumah sudah Anda coba tetapi rambut masih juga rontok, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya dan menganjurkan pengobatan atau perawatan rambut yang tepat.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index