4 Cara Mengatasi Kebiasaan Bayi Memasukkan Tangan ke Mulut

4 Cara Mengatasi Kebiasaan Bayi Memasukkan Tangan ke Mulut
Ilustrasi

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Bunda, tentu saja sudah pernah mengalami fase dimana terdapat bayi suka memasukkan tangan ke dalam mulut. Nah, satu hal yang penting, jika melihat kebiasaan bayi memasukkan tangan ke mulut lindungi dengan PUREBB Hand and Mouth Baby Wipes. Supaya nantinya bayi terhindar dari resiko sakit penyakit akibat virus dan bakteri yang menempel di tangan.

Akan tetapi jika terlanjur membuat bayi mengalami penyakit akibat hal tersebut, maka opsi berikutnya segera tanya dokter untuk mendapatkan arahan lebih lanjut dalam mengatasi penyakit yang dialami oleh bayi. Terutama terkait pemilihan obat yang tepat dan bagaimana penggunaan obat tersebut.

Nah, supaya hal ini bisa dihindari sejak awal, ada beberapa cara yang sebenarnya bisa dilakukan oleh Bunda. Supaya nantinya hal ini tidak membuat bayi mengalami penyakit atau kondisi maupun resiko berbahaya lainnya. Bila ingin tahu bagaimana caranya, segera simak informasi di bawah ini terkait dengan cara mengatasi kebiasaan bayi memasukkan tangan ke mulut.

Mengalihkan Perhatian

Pertama, jika ingin mengatasi kebiasaan bayi memasukkan tangan ke mulut, sebaiknya alihkan perhatian bayi kepada hal yang lain. Perlu diketahui bahwa ada banyak hal yang membuat bayi melakukan hal ini, mulai dari rasa penasaran hingga fase sedang tumbuh gigi. Namun Bunda tidak perlu khawatir, karena apapun masalah yang membuat hal tersebut terjadi terdapat solusinya.

Yang paling penting untuk dilakukan yaitu mengalihkan perhatian bayi ke pada hal lain yang bisa membantunya melupakan keinginan memasukkan tangan ke dalam mulut. Misalnya dengan mengajarkan bayi hal-hal baru yang berbeda hingga akhirnya bayi tertarik melakukan aktivitas lainnya. Bisa juga dengan jalan memberikan hal yang membuat fokus bayi teralihkan pada yang lain.

Melalui hal sederhana semacam ini, setidaknya keinginan bayi bisa berkurang. Sehingga resiko kesehatan yang bisa terjadi saat bayi memasukkan tangan ke mulut bisa diminimalkan. Oleh sebab itu sediakan berbagai macam hal yang bisa membantu bayi tertarik dan mengalihkan perhatiannya tadi, seperti misalnya mainan khusus tumbuh gigi atau mainan edukasi lainnya.

Menyediakan Tisue Basah

Seperti yang dikatakan di awal tadi, jika menemukan kebiasaan bayi memasukkan tangan ke mulut lindungi dengan PUREBB Hand and Mouth Baby Wipes dengan segera. Mengapa demikian? Karena PUREBB Hand and Mouth Baby Wipes ini merupakan solusi yang paling tepat untuk menghilangkan berbagai macam virus dan bakteri yang menempel pada tangan bayi.

Tentu saja Bunda tidak tahu apa saja hal atau barang yang dipegang oleh bayi sebelum memasukkan tangan ke dalam mulutnya. Bisa jadi barang-barang tersebut mengandung bakteri dan virus yang berbahaya. Sehingga tidak ada salahnya jika selalu berjaga-jaga mengusap tangan bayi menggunakan PUREBB Hand and Mouth Baby Wipes.

Langkah yang sederhana ini bisa membantu agar bayi tidak mudah mengalami penyakit. Misalnya sakit pencernaan atau sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri melalui tangannya. Oleh sebab itu sebaiknya Bunda tidak perlu merasa ragu untuk selalu menyediakan tisu basah yang aman dan dapat digunakan untuk bayi. Salah satunya yaitu PUREBB Hand and Mouth Baby Wipes itu tadi.

Memberikan Mainan Yang Aman

Seperti yang dikatakan tadi juga, bahwa bayi sebenarnya mudah dialihkan jika mendapatkan hal yang tepat. Salah satunya jika menemukan kebiasaan bayi memasukkan tangan ke mulut, sebaiknya sediakan saja berbagai jenis mainan yang aman. Apalagi sebenarnya saat ini sudah cukup banyak jenis mainan bayi yang terbuat dari bahan dasar yang aman dan tidak berbahaya jika tidak sengaja masuk ke dalam mulut.

Sebaiknya perhatikan selalu mana mainan bayi yang cocok diberikan pada bayi yang sedang berada di dalam fase tersebut. Perhatikan dengan baik keterangan yang tertera pada bahan baku pembuatan mainan. Supaya nantinya bila tidak sengaja dimainkan dan kemudian bayi memasukkan tangannya ke mulut tidak memberikan resiko berupa infeksi bakteri maupun virus.

Menjauhkan Dari Barang Berbahaya

Bunda juga tidak boleh lupa, jika menemukan bayi yang suka memasukkan tangan ke mulut, sebaiknya segera saja jauhkan bayi dari barang-barang yang berbahaya. Misalnya barang yang mengandung racun atau dapat melukai mulut bayi. Karena bisa saja bayi memasukkan tangan ke dalam mulutnya beserta dengan barang yang dia temukan di sekitarnya.

Oleh karena itu perhatikan lingkungan sekitar tempat bayi bermain. Usahakan tempat tersebut terbebas dari berbagai macam barang yang bukan untuk bayi. Perhatikan juga untuk menempatkan bayi di area yang khusus agar tidak terlalu banyak bahan berbahaya. Dengan demikian nantinya bayi tetap bisa beraktivitas dengan nyaman sekalipun sambil memasukkan tangannya ke mulut. Bunda juga lebih tenang karena resiko kesehatan maupun keselamatan bayi bisa dihindarkan.

Penutup dan Kesimpulan

Setelah membaca informasi di atas, setidaknya sekarang Bunda lebih paham tentang cara mengatasi kebiasaan bayi memasukkan tangan ke dalam mulutnya. Sekali lagi, ingatlah untuk mengatasi kebiasaan bayi memasukkan tangan ke mulut lindungi dengan PUREBB Hand and Mouth Baby Wipes. Dengan demikian resiko terjadi sesuatu pada kesehatan bayi bisa lebih diminimalisasi.

Bayi akan merasa senang bermain dan beraktivitas sepanjang hari. Bunda juga menjadi lebih nyaman hatinya karena tidak lagi merasa takut berkat kesiapan saat menemukan bayinya memasukkan tangan ke mulutnya. Nah Bunda, selamat bermain dan beraktivitas dengan si buah hati ya. Jangan lupa sediakan selalu PUREBB Hand and Mouth Baby Wipes.(*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index