Hutama Karya Bangun Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3 Senilai Rp 2,7 Triliun

Hutama Karya Bangun Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3 Senilai Rp 2,7 Triliun
Penandatanganan kontrak proyek Tol Bayung Lencir-Tempino, bagian dari jaringan JTTS(Dok. HK)

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- PT Hutama Karya (Persero) mendapatkan kontrak baru proyek Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Jambi Seksi 3 yang akan dikerjakan bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Brantas Abipraya atau disebut dengan KSO HK-Wika-Brantas.

Sebagai informasi, jalan Tol Bayung Lencir-Tempino ini merupakan jalan tol pertama di Provinsi Jambi yang menghubungkan daerah Jambi ke Palembang hingga Lampung. Pembangunan jalan tol ini akan dikebut penyelesaiannya dan ditargetkan rampung 2024.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, proyek Tol Bayung Lencir-Tempino sepanjang 15,4 kilometer ini akan menambah panjang Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) dan merupakan langkah awal kelanjutan pembangunan JTTS Tahap II.

Setelah tanda tangan kontrak, akan segera disusul dengan proses groundbreaking dalam waktu dekat.

"Alhamdulillah, pelaksanaan tanda tangan kontrak senilai Rp 2,7 triliun merupakan tahapan awal dari pembangunan tahap II (JTTS). Selaku kontraktor dalam proyek ini, KSO HK-Wika-Brantas optimis dapat menyelesaikan pembangunan selama 12 bulan dengan tepat mutu, waktu, dan biaya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (17/5/2023).

Adapun sumber dukungan konstruksi proyek jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3 ini diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan pembagian porsi antara lain, 60 persen milik Hutama Karya, 25 persen milik Wijaya Karya, dan 15 persen milik Brantas Abipraya.

Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi dengan panjang keseluruhan yakni 169 km, nantinya dibangun secara bertahap dan dibagi menjadi 4 seksi meliputi Seksi Betung-Tungkal Jaya sepanjang 61,55 km, Tungkal Jaya-Bayung Lencir sepanjang 55,73 km, Bayung Lencir-Tempino sepanjang 33,05 km, dan Tempino-Sp. Ness sepanjang 18,97 km.

Hutama Karya ditugaskan untuk menggarap sub bagian dari jalan tol seksi Bayung Lencir - Tempino dengan panjang ruas 15,4 km. Hal ini juga merupakan wujud komitmen Hutama Karya dalam pemerataan infrastruktur yang sejalan dengan visi pemerintah Indonesia khususnya wilayah Jambi.

Adapun lingkup pekerjaan KSO HK-Wika-Brantas dalam proyek jalan tol ini meliputi pekerjaan galian dan timbunan, pekerjaan struktur seperti interchange, overpass, box culvert, pekerjaan pile slab, dan perkerasan jalan.

Lebih rinci, jalan tol ini juga akan ditunjang sejumlah fasilitas di antaranya seperti, simpang susun serta dirancang dengan jumlah lajur 2x2 dengan maksimal kecepatan rencana 80 km per jam.

Adapun status pengadaan lahan jalan Tol Bayung-Lencir Seksi 3 sudah selesai 96 persen sementara 4 persen lainnya dalam proses pembayaran.

Sementara itu, jalan Tol Bayung-Lencir ini juga memiliki berbagai manfaat seperti mempermudah aliran barang dan jasa untuk mempercepat perputaran roda ekonomi daerah, membuka konektivitas antar daerah Jambi ke Palembang hingga Lampung menjadi semakin cepat, memberikan pemerataan kesejahteraan dan ekonomi daerah, hingga diharapkan mampu meningkatkan sektor pariwisata.

Selain itu, jalan tol ini juga memberi pengaruh positif pada pengembangan ekonomi daerah, meningkatkan pemerataan hasil pembangunan, dan memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang.(R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index