Distankan Pekanbaru Mulai Periksa Hewan Ternak Kurban 2 Minggu Jelang Iduladha

Distankan Pekanbaru Mulai Periksa Hewan Ternak Kurban 2 Minggu Jelang Iduladha
Ilustrasi sapi.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, memperkirakan kebutuhan hewan kurban pada Hari Raya Iduladha 1444 H mencapai 9.000 ekor.

Kepala Distankan Kota Pekanbaru Muhammad Firdaus mengatakan, ribuan hewan ternak ini terdiri dari 7 ribu ekor sapi dan 2 ribu ekor kambing.

Pihaknya bakal awasi hewan ternak kurban yang bakal masuk ke wilayah setempat. Distankan juga akan mengintensifkan pemeriksaan hewan kurban di sejumlah kandang peternak.

"Untuk pemeriksaan hewan kurban itu memang kami masih rapat internal. Kalau nanti sudah diperkirakan di atas 60 persen, kami turun bersama untuk pengecekan, paling tidak dua pekan jelang iduladha-lah kami turun," kata Firdaus, Selasa (30/5).

Ia menuturkan, untuk memastikan hewan kurban layak, maka pemeriksaan yang akan dilakukan nantinya berupa pemeriksaan administrasi dan fisik. Pemeriksaan administrasi berkaitan dengan surat izin masuknya, terutama hewan kurban dari luar daerah.

Sementara pemeriksaan fisik berkaitan dengan kesehatan hewan kurban. Layak atau tidak layaknya. Bagi pemilik ternak yang tidak memiliki administrasi yang lengkap, maka peternak diminta untuk melakukan uji labor ulang.

"Kalau administrasinya tidak lengkap ya harus diuji labor. Kalau memang sehat, ya dilanjutkan untuk penyembelihan atau dijual jadi hewan kurban," pungkasnya.(R06) 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index