Bisa Cegah Penyakit Kanker, Ini 7 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh

Bisa Cegah Penyakit Kanker, Ini 7 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi gula aren./ SUmber Foto: DPMPTSP NTB

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Gula aren atau palm sugar adalah jenis gula yang diperoleh dari getah pohon aren yang tumbuh di daerah tropis.

Gula ini telah digunakan selama berabad-abad oleh masyarakat sebagai pemanis alami.

Tak hanya rasanya yang manis, gula aren juga ternyata memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh lho!

Dalam 100 gram gula aren, terdapat kandungan nutrisi seperti kalori, potasium, karbohidrat, mineral, vitamin A, C, K, dan juga kalsium.

Gula aren merupakan sumber vitamin dan mineral yang lebih baik daripada pemanis lainnya karena jenis gula ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah.

Dilansir dari halodoc, berikut Medcom.id sudah merangkum manfaat gula aren untuk kesehatan, yuk simak informasinya berikut ini!

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Gula aren juga ternyata mengandung serat makanan bernama inulin. Salah satu studi menunjukkan bahwa serat nabati ini dapat membantu mengendalikan bakteri di usus, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh.

2. Menjaga fungsi sistem saraf

Gula aren memiliki kadar kalium yang lebih tinggi daripada sayuran hijau dan pisang. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, kalium merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga aktivitas sistem saraf yang baik, seperti kontraksi otot dan detak jantung yang teratur. Selain itu, mengonsumsi makanan berkalium juga bisa membantu mengelola tekanan darah tinggi.

3. Menjaga kadar gula darah

Gula aren memiliki kandungan glukosa dan indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula lainnya. Itulah mengapa gula ini dapat membantu menstabilkan kadar gula darah lebih baik daripada pemanis lainnya. 

4. Mengandung antioksidan yang tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa gula jenis ini mengandung kadar vitamin, mineral, dan nutrisi yang lebih tinggi daripada gula lainnya. Kandungan nutrisi tersebut termasuk fitonutrien. Senyawa nabati ini memiliki efek antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan penyakit kronis.

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Karena memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium dan fosfor, gula aren juga memiliki manfaat bisa membantu perkembangan tulang dan jaringan pada anak-anak. Selain itu, kandungan kalium dalam pemanis tersebut juga berperan penting dalam kesehatan dan pemeliharaan jaringan otot.

6. Mencegah penyakit kanker

Kandungan vitamin dan mineral dalam gula ini dipercaya mampu mencegah perkembangan kanker kolon. Untuk itu, tidak ada salahnya mengganti gula yang kamu gunakan sehari-hari dengan gula jenis ini.

7. Mengangkat sel kulit mati

Gula menjadi salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengangkat kulit mati melalui proses eksfoliasi. Salah satunya adalah gula aren.

Kamu bisa gunakan gula aren yang bentuk bubuk untuk kamu campurkan pada minyak kelapa hingga membentuk pasta. Setelah itu, kamu bisa mengoleskannya pada bagian kulit yang kering untuk menggosoknya.

Nah, itulah berbagai manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat!(R02)

Sumber Berita: medcom.id

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index