Pendaftar PPDB SMA/SMK di Pekanbaru Melebihi Kuota, Kampar Kekurangan Siswa

Pendaftar PPDB SMA/SMK di Pekanbaru Melebihi Kuota, Kampar Kekurangan Siswa
Ilustrasi PPDB SMA sederajat.

PEKANBARU  (RIAUSKY.COM)- Memasuki hari terakhir pendaftaran Penerimaan Pesarta Didik Baru (PPDB) secara online tingkat SMA/SMK Negeri di Provinsi Riau mencapai 65.683 siswa yang mendaftar. Hingga hari penutupan pendaftaran aktivasi akun atau registrasi 12 Juni 2023 lalu tingkat SMA 43.114, sedangkan tingkat SMK mencapai 71.090.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol mengatakan, PPDB SMA/SMK di Riau sudah dimulai sejak pra pendaftaran pada 21-26 Mei 2023 lalu. Dilanjutkan dengan pendaftaran atau pemilihan sekolah pada 29 Mei hingga 12 Juni 2023. Adapun pendaftar PPDB online SMA/SMK di Riau dilakukan melalui website resmi https://ppdb.riau.go.id/. 

“Yang menggunakan akun pendaftaran PPDB tingkat SMA/SMK mencapai 69.999 siswa yang membuat akun. Yang sudah mendaftar hingga saat ini sudah mencapai 71.090 siswa, saat ini dilanjutkan dengan verifikasi data siswa sesuai dengan sekolah yang dituju oleh satuan pendidikan hingga 26 Juni,” ujar Kamsol, Senin (5/6/2023).

Dijelaskan Kamsol, Kota Pekanbaru terbanyak jumlah siswa yang mendaftar sehingga melebihi kuota penerimaan siswa SMA/SMK Negeri di Kota Pekanbaru. Sedangkan Kampar jumlah peserta yang mendaftar jauh dari kuota penerimaan siswa di Kabupaten Kampar.

“Untuk Pekanbaru itu mencapai 12.749 siswa yang mendaftar.Sementara, kuota penerimaan siswa untuk sekolah SMA/SMKN hanya 9.020 siswa. Kalau Kampar kebalikan siswa yang mendaftar mencapai 8.679 siswa, sedangkan kuota di Kampar mencapai 11.765 siswa. Kabupaten Kota yang lain juga seperti Kampar, jumlah siswa yang mendaftar kurang dari jumlah kuota siswa yang diterima,” kata Kamsol. 

Untuk menampung siswa yang akan masuk sekolah negeri, Pemprov Riau sudah membangun tiga sekolah negeri, sehingga nanti jika ada siswa yang tidak masuk di sekolah yang dituju bisa masuk di sekolah negeri yang telah dibangun dan disesuaikan dengan jumlah siswa yang diterima. 

“Memang daya tampung sekolah di Pekanbaru ini jauh berbedanya, jadi semua berebut mencari sekolah negeri. Memang ada sekolah swasta tapi biaya dipikirkan orangtua, ada juga sekolah swasta yang gratis, ke depan kalau masih kurang masih upaya lain,” katanya. 

“Di Pekanbaru ada tiga sekolah negeri yang sudah bisa kita gunakan pada tahun ini, dan penerimaan secara manual, di Kota Pekanbaru, itu ada di Parit Indah dan Panam. Inilah yang akan kita dorong ke depan bagaimana anak-anak kita sekolah negeri semua, sesuai dengan program Gubernur wajib sekolah 12 tahun,” ungkap mantan Pj Bupati Kampar ini. 

Untuk diketahui bersama, inilah tahapan PPDB Online SMA/SMK di Provinsi Riau: Pra Pendaftaran 22-26 Mei 2023, Pendaftaran/Pemilihan Sekolah 29 Mei - 12 Juni 2023, Verifikasi oleh satuan pendidikan 29 Mei - 26 Juni 2023, seleksi sesuai jalur pendaftaran 27-30 Juni 2023, pengumuman penetapan peserta didik baru 1 Juli 2023, daftar ulang 2-5 Juli 2023, hari pertama masuk sekolah 13 Juli 2023.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index