Bupati Inhu Tinjau Banjir di Peranap dan Batang Peranap

Bupati Inhu Tinjau Banjir di Peranap dan Batang Peranap

INDRAGIRI HULU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terus merespons penanganan bencana banjir akibat meluapnya Sungai Indragiri. Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi kembali mengunjungi titik-titik lokasi yang terdampak banjir tepatnya di Desa Setako Raya Kecamatan Peranap, Desa Selunak dan Desa Pematang Kecamatan Batang Peranap.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir, Pemerintah Kab. Inhu menyerahkan bantuan berupa sembako sekaligus mengadakan posko banjir untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Inhu Esau M.H Sigiro menyampaikan Pemerintah Kabupaten Inhu telah menyiapkan 84 ton beras yang dititipkan di Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk disalurkan kepada masyarakat korban banjir di Kab. Inhu yang sampai saat ini telah tersalurkan sebanyak 74 ton beras.

Adapun beras yang telah tersalurkan, sambung Esau, adalah ke Kecamatan Rengat, Rengat Barat, Lirik, Pasir Penyu, Rakit Kulim, Kelayang, Peranap, dan Batang Peranap. Beras akan terus disalurkan ke daerah terdampak lainnya.

Sementara itu, Bupati Indragiri Hulu telah mengeluarkan Imbauan Bupati per tanggal 7 Januari 2023 Nomor : 339/KPBD-INHU/006 tentang Pencegahan Dampak Bencana Alam Banjir. Dalam imbauan tersebut Bupati menyampaikan untuk menghindari korban jiwa dan materi akibat kondisi cuaca yang cenderung ekstrem (hujan berlebih), Bupati mengimbau seluruh masyarakat untuk menghindari kegiatan yang berdekatan dengan aliran sungai.

Bupati juga mengimbau bagi warga yang tinggal dan usahanya berdekatan dengan tepi sungai agar selalu waspada dan jika dimungkinkan untuk mengungsi terlebih dahulu ke tempat yang lebih aman.

Jika terjadi banjir dadakan diharapkan masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik, selamatkan barang-barang berharga lalu segera mencari jalan keluar dan pergi ke tempat yang tinggi.

Selanjutnya, dalam imbauan tersebut masyarakat diminta selalu menjaga kesehatan karena banjir dan pasca banjir akan berdampak pada banyaknya wabah penyakit. Selanjutnya diingatkan banjir susulan akan terjadi beberapa hari ke depan.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index