5 Manfaat Treadmill untuk Kesehatan, Tak Sekedar untuk Turunkan Berat Badan!

5 Manfaat Treadmill untuk Kesehatan, Tak Sekedar untuk Turunkan Berat Badan!
Ilustrasi treadmill/ sumber foto: freepik

RIAUSKY.COM- Treadmill  adalah alat olahraga yang biasa digunakan untuk berjalan dan berlari di tempat. Anda bisa tetap berolahraga meskipun berada di dalam ruangan jika menggunakan alat ini. 

Memang banyak sekali manfaat treadmill untuk kesehatan tubuh, oleh sebab itu alat olahraga ini banyak dipilih.  Apalagi penggunaannya juga sangat mudah, siapa saja dari berbagai kalangan usia bisa menggunakan treadmill.

Berolahraga di dalam ruangan menggunakan treadmill kian populer sejak masa covid 19. Pada saat itu orang-orang harus berolahraga untuk menjaga kesehatan tapi tidak dapat keluar rumah, jadi pilihan jatuh pada olahraga di rumah dengan menggunakan treadmil.

Sekarang meskipun covid sudah terkendali dan terbilang aman, treadmil tetap menjadi pilihan utama di saat ingin berolahraga sekaligus menghindari polusi udara di luar rumah.

 

5 Manfaat Treadmill untuk Kesehatan

Anda akan mendapatkan banyak manfaat jika berolahraga menggunakan treadmill. Jika selama ini banyak anggapan treadmill hanya untuk menurunkan berat badan, ternyata manfaat treadmill bisa lebih banyak dari itu.

Berikut ini daftar manfaat yang penting untuk diketahui:

 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Fungsi utama olahraga di atas treadmill adalah untuk menurunkan berat badan.  Namun dalam perkembangannya, ternyata olahraga akan menurunkan resiko terjadinya serangan jantung.

Ketika berolahraga maka tubuh akan membakar lemak yang berada di seluruh tubuh termasuk di pembuluh darah. 

Dengan demikian resiko terjadinya serangan jantung akibat penyumbatan pembuluh darah akan menurun dan kesehatan jantung pun akan tetap terjaga dengan baik.

 

2. Mengurangi Resiko Diabetes

Olahraga dapat membuat sel beta pada pankreas menjadi aktif kembali. Sel beta ini memiliki fungsi dalam menghasilkan insulin yang bertugas untuk mengontrol kadar gula di dalam tubuh Anda.

Berolahraga menggunakan treadmill akan menurunkan risiko diabetes type 2 hingga 58%. Aktivitas fisik seperti olahraga, jika dilakukan memang memiliki efek yangs angat bagus bagi kesehatan tubuh,

 

3. Menguatkan Otot Tubuh

Kegiatan berlari atau berjalan memang akan menguatkan otot kaki, demikian juga jika Anda berjalan atau berlari di atas treadmill. Berjalan atau berlari di tempat juga memiliki fungsi yangs ama yaitu melatih otot tubuh terutama otot kaki bagian depan dan belakang petis. 

Selain kekuatan otot kemampuan tubuh menjaga keseimbangan pun lebih mudah.


4. Meredakan Stress

Sama saja dengan jenis olahraga lainnya, berjalan di atas treadmill juga akan mengurangi stress Anda.

Hal ini karena, saat sedang berolahraga tubuh akan merilis hormon endorfin. Hormon ini memiliki fungsi untuk mengatur emosi serta suasana hati, sehingga dapat meredakan rasa cemas.

 

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Siapa sangka jika melakukan olahraga dengan treadmill secara teratur dapat mengintrol kadar kolesterol di dalam darah. Olahraga akan meningkatkan kolesterol baik HDL dan menurunkan kolesterol jahat LDL.

Maka dengan demikian resiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah pun dapat menurun.

Melihat banyaknya manfaat treadmill untuk kesehatan di atas, Anda bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal dengan berolahraga secara rutin dengan intensitas minimal 30 menit.

Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum menjalankan program latihan menggunakan treadmill di rumah. Bagi Anda yang belum memiliki treadmill dan ingin berolahraga menggunakan treadmill, Anda bisa membelinya melalui Blibli.

Pilih treadmill kesukaan Anda kemudian check out sekarang juga. Pilih treadmill dengan spesifikasi terbaik yang ada di Blibli dan dapatkan promo menarik yang ditawarkan.(*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index