TP PKK Riau Tanam 1.000 Bibit Cabai di Kulim Pekanbaru

TP PKK Riau Tanam 1.000 Bibit Cabai di Kulim Pekanbaru

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) Ke-52 tahun, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Riau Adrias Hariyanto bersama pengurus dan kader PKK Riau menanam 1.000 bibit cabai di UPT Perlindungan PTPH Kulim, Pekanbaru, pada Senin (04/03/2024).

Kegiatan ini merupakan Gerakan Tanam (Gertam) cabai serentak se-Indonesia secara virtual, dipusatkan di Alun-alun Cirimekar, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dipimpin langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Estu Handayani.

Acara diawali dengan menyerahkan secara simbolis bibit cabai kepada penerima. Kemudian, acara dilanjutkan penanaman cabai sebanyak 1.000 bibit cabai secara serentak. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penyerahan 1.000 paket sembako, tiga buah bantuan kursi roda, dokumen kependudukan, serta 500 buku resep kudapan tinggi protein secara simbolis.

Lalu, ada pula kegiatan penebaran 50 ribu benih ikan di Situ Citata, peninjauan food truck, mobil ATI (Ahli Teknologi dan Informasi), rapid test keamanan pangan, serta penanaman tujuh benih pohon alpukat miki.

Ketua TP PKK Provinsi Riau, Adrias Hariyanto menjelaskan, bahwa sesuai dengan arahan Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk stop boros pangan. Maka, TP PKK Riau berharap banyak kepada masyarakat untuk stop boros pangan. 

"Dengan adanya kegiatan ini kita menanam cabai dan semuanya itu bertujuan untuk memperbaiki ekonomi keluarga," jelas Adrias.

Ia menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan tanam cabai kepada warga. Karena, cabai merupakan salah satu komoditas yang kerap berdampak pada terjadinya inflasi setiap tahun.

"Melalui PKK juga nantinya akan dilanjutkan ke masyarakat luas seperti penyaluran bibit-bibit ini, kita akan tinjau juga berhasil atau tidak penanaman bibit ini. Karena, menanam ini juga tidak bisa sembarangan harus ada taktik dan tata caranya," ujarnya

Pada kesempatan tersebut, TP PKK Provinsi Riau memberikan secara simbolis 400 bibit cabai dan 500 bibit bawang merah kepada 4 Kelompok Wanita Tani (KWT), yaitu KWT Indrayani, KWT Temu Putri, KWT Temu Kasih dan KWT Cempaka juga foto bersama.(mc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index