TPID Pantau Pasar,Harga Cabai Merah Keriting di Telukkuantan Turun Hingga Rp60.000 per Kilogram

TPID Pantau Pasar,Harga Cabai Merah Keriting di Telukkuantan Turun Hingga Rp60.000 per Kilogram
Sekdakab Kuansing Dedy Sambudi bersama TPID melakukan sidak harga di Pasar di Kota Telukkuantan.

TELUKKUANTAN (RIAUSKY.COM)- Terkait harga cabe merah keriting yang mengalami kenaikan, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan upaya pemantauan harga ke beberapa agen dan pengecer yang berada di Teluk Kuantan,  Ahad  (17/03/2024) pagi tadi.

Ini dilakukan  sebagai langkah konkret untuk menurunkan harga cabe yang mengalami kenaikan. 

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Okstaria Dwi Gustin mengatakan bahwa, pada hari Kamis (14/03/2024) lalu, harga cabe merah keriting sempat mengalami kenaikan hingga mencapai Rp. 140.000/Kg.

Sehubungan dengan harga cabe merah keriting yang mengalami kenaikan tersebut, atas instruksi Bupati Kuantan Singingi Dr. H. Suhardiman Amby melalui Sekretaris Daerah H. Dedy Sambudi,  meminta Tim Pengendalian Inflasi Daerah melakukan peninjauan secara langsung di Pasar Modern dan ke beberapa agen yang berada di Teluk Kuantan.

"Sesuai dengan arahan tersebut, Tim Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Mardansyah  langsung melakukan pemantauan harga di Pasar Modern Teluk Kuantan", dijelaskan Kabag Perekonomian Okstaria.

Sementara selaku Pelaksana Harian Tim Pengendalian Inflasi Daerah Sekretaris Daerah Dedy Sambudi mengatakan langkah konkret yang dilakukan guna menjaga stabilitas harga yakni dengan melakukan intervensi pasar ditengah permintaan dan kebutuhan masyarakat yang tinggi pada bulan Ramadhan serta kedepannya jika harga kembali melonjak drastis pemkab berencana akan melakukan upaya pengendalian inflasi yakni merealisasikan Bantuan Tidak Terduga dengan memberikan subsidi ongkos angkut untuk menjaga keterjangkauan harga sehingga pengecer dapat membeli cabe dengan harga yang lebih rendah.

Lebih lanjut Kabag Perekonomian Setda Kuansing menyebutkan bahwa, upaya intervensi tersebut membuahkan hasil, sehingga harga cabe merah keriting sudah mengalami penurunan. Dari hasil pemantauan hari ini, harga jual cabe merah keriting di beberapa pedagang pada sampel yang sama, pengecer menjual berkisaran di harga Rp. 60.000/Kg hingga Rp. 90.000/Kg.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index