Pemkot Dumai Mulai Pembahasan Musrenbang RKPD dan RPJPD Tahun 2025-2045

Pemkot Dumai Mulai  Pembahasan Musrenbang RKPD dan RPJPD Tahun 2025-2045

DUMAI (RIAUSKY.COM)- Pembahasan Musyawarah Rencana Pembangunan Kota Dumai ini dibuka secara langsung oleh Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS yang dipusatkan pada Gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung. Pembahasan ini diikuti oleh perwakilan masyarakat dari 7 Kecamatan se Kota Dumai, Selasa (19/3/2024). 

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan langkah Pemerintah Kota Dumai untuk membahas serta menyusun skala prioritas pembangunan yang akan dieksekusi pada tahun 2025. 

Musrenbang ini direncanakan akan dilangsungkan selama 3 hari kedepan dan setiap OPD memiliki sesi pembahasannya masing masing. Berkaca pada tahun lalu, Pemerintah Kota Dumai melaksanakan pembangunan pada khidmat infrastruktur dengan cukup masif. Hal ini dibuktikan dengan pembangunan dan perbaikan jalan sebanyak 458 pengerjaan, pembangunan 65 unit drainase, dan pembangunan 34 jembatan.

Belum lagi program Khidmat Kesehatan, Khidmat Pendidikan, Khidmat Penerangan, Khidmat Kebersihan, dan Khidmat Sosial Ekonomi yang baik dalam eksekusinya dan dirasakan efek positifnya oleh masyaraka Kota Dumai

Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS dalam sambutannya meminta agar setiap Kepala OPD bisa fokus dan mengakomodir pembahasan dengan baik. H. Paisal turut meminta agar setiap OPD bisa menyusun skala prioritas pembangunan di tahun yang akan datang.

“Kita akan terus mengeksekusi pembangunan yang telah dibahas pada Musrenbang. Skala prioritas pembangunan akan kita susun sebaik baiknya sesuai dengan kebutuhan dan keperluan dari masyarakat di daerah tersebut” ujar H. Paisal. 

“Pemerataan pembangunan adalah fokus utama kita. Seluruh Kelurahan di Kota Dumai ditargetkan akan mendapatkan pembangunan baik bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan lain lainnya” tambah H. Paisal. 

Setelahnya, H. Paisal resmi membuka kegiatan pembahasan yang akan dilangsungkan dibawah pengawasan Sekdako Dumai H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si dan Kepala Bappeda Kota Dumai Drs. Budhi Hasnul, M.Si. 

Untuk diketahui, pada tahun 2023 Kota Dumai memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 76,45%, Pertumbuhan Ekonomi 6,05%, Tingkat Kemiskinan 3,21% dan beberapa data lainnya. 

Drs. Budhi Hasnul turut langsung memaparkan penjelasan Musrenbang RKPD dalam rangka penyusunan RKPD Kota Dumai Tahun 2025. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Kota Dumai, Forkopimda Kota Dumai, Kepala OPD Pemko Dumai, Camat dan Lurah se Kota Dumai dan Perwakilan Masyarakat Kecamatan se Kota Dumai.(R11)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index