Bupati Siak Sambut Kedatangan Letjen Erwin Djatniko untuk Menutup TMMD 2024 di Sungai Tengah

Bupati Siak Sambut Kedatangan Letjen Erwin Djatniko untuk Menutup TMMD 2024 di Sungai Tengah
Bupati Siak Alfedri bersama forkopimda sambut kedatangan Inspektur Jendral TNI AD Letnan Jendral TNI Erwin Djatniko, S.Sos, pada upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 tahun anggaran 2024 di Lapangan Sepak Bola Kampung Sungai Tengah.

SABAK AUH (RIAUSKY.COM)- Bupati Siak Alfedri bersama forkopimda sambut kedatangan Inspektur Jendral TNI AD Letnan Jendral TNI Erwin Djatniko, S.Sos, pada upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 tahun anggaran 2024 di Lapangan Sepak Bola Kampung Sungai Tengah. Rabu (20/3/2024).

Upacara yang diinspeksi oleh Irjend AD disertai dengan penandatanganan hasil pelaksanaan TMMD, pembacaan serta penyerahan naskah berita acara oleh Dandim 0322/Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho yang di dampingi oleh Bupati Siak Alfedri kepada Irjen AD.

TMMD merupakan upaya TNI, Kementrian/lembaga pemerintah non kementrian dan pemda dengan wujud program kerjasama lintas sektoral.

"Tujuan TMMD adalah membantu percepatan pembangunan di daerah 3T, tertinggal, terisolir dan terluar sehingga dapat menyejahterakan masyarakat." ujar Irjen AD mewakili KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc selaku penanggung jawab operasional TMMD saat menyampaikan amanat upacara.

Irjen AD mengatakan, anggaran yang di anggarkan pemkab Siak untuk TMMD berjumlah Rp 3,2 M; dan telah dilakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur di Kecamatan Sabak Auh, seperti pembukaan jalan baru, peningkatan jalan, pembangunan MCK, sumur bor, rehab fasilitas masyarakat seperti tempat ibadah, dan rumah tidak layak huni.

Selain itu, program ini juga membantu meningkatkan ketahanan pangan di Desa Tengah, Sabak Auh dengan pencapaian hanpangan luas lahan 352 HA dan memfasilitasi warga dengan penyuluhan terpadu seperti pertanian, KB, bahaya narkoba, bahaya karhutla dan UMKM.

Setelah resmi menutup TMMD 2024, Irjen AD dan jajaran forkopimda menyerahkan langsung bantuan kepada perwakilan anak stunting, masyarakat kurang mampu dan lansia berupa sejumlah paket dan kursi roda di lapangan upacara.

"Sebelum di bangun jalan tersebut, masyarakat kesulitan angkut hasil panen ke luar, karena jalan ketika hujan sulit di lalui karena berlumpur. Alhamdulillah setelah di bangun jalan ini. Kami senang dan mengucapkan terimakasih kepada TNI dan pemkab," ungkap salah satu warga kecamatan Sabak Auh.

Kegiatan dilanjutkan rombongan Irjen AD dan forkopimda dengan secara terbuka bersama masyarakat setempat dengan mengunjungi stand pameran UMKM unggulan Kab. Siak, bakti sosial dan pegobatan gratis yang berada di pinggiran lapangan tempat upacara berlangsung.

"Kedatangan irjen AD memberikan motivasi kepada kami untuk meningkatkan keamanan, bina wilayah dan juga pembangunan untuk menuju masyarakat yang sejahtera di masa yang akan datang" ujar Bupati Siak Alfedri pada wawancara pers.(R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index