Gajah Liar Mengamuk Serang Warga di Dusun Tua Pangkalan Lesung

Gajah Liar Mengamuk Serang Warga di Dusun Tua Pangkalan Lesung
Ilustrasi gajah

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Salah seorang warga Pelalawan, Riau bernama Jumiran (39) dilaporkan terluka hingga harus dilarikan ke rumah sakit akibat serangan kawanan gajah liar.

Balai Besar KSDA Riau sebelumnya mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa adanya gajah liar yang masuk perkebunan dan terjadi interaksi negatif antara manusia dan satwa Gajah di Desa Dusun Tua, Kecamatan Pangkalan Lesung, Pelalawan.

Pasca laporan tersebut, Tim segera diturunkan ke lokasi untuk melakukan koordinasi dan mitigasi interaksi negatif satwa liar tersebut.

Menurut keterangan warga, Gajah liar masuk ke area perkebunan masyarakat pada hari Ahad, 24 Maret 2024 dini hari.

Warga yang melihat lalu meminta bantuan warga lainnya untuk bersama-sama menghalau gajah liar tersebut.

Penggiringan tidak hanya dilakukan oleh satu kelompok saja, tetapi dari arah berlawanan juga ternyata ada kelompok warga yang menghalau gajah untuk menjauh dari kebun mereka.

Ternyata gajah liar kemudian berbalik lagi dan menyerang warga hingga terluka di bagian punggung diduga akibat terkena gading.

Saat ini, tim telah berkoordinasi dengan pihak Polsek Pangkalan Lesung dan aparat Desa Dusun Tua.

Tim juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak anarkis terhadap Gajah Sumatera karena termasuk satwa yang dilindungi.

Tim Balai Besar KSDA Riau yang dipimpin oleh Kepala Seksi Wilayah I, Laskar Jaya Permana turut menjenguk korban dari serangan gajah liar.

Saat ini korban dalam kondisi baik dan telah ditangani oleh pihak rumah sakit.

Semoga lekas sembuh buat korban dan buat masyarakat sekitar Desa Dusun Tua  Pangkalan Lesung agar tetap berhati-hati dalam beraktifitas.(R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index