BBKSDA Lakukan Lepas Liar Beruang Madu Tangkapan dari Sabak Auh

BBKSDA Lakukan Lepas Liar Beruang Madu Tangkapan dari Sabak Auh

SIAK (RIAUSKY.COM)- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melakukan lepas liar terhadap satu ekor beruang madu dewasa Rabu, 27 Maret 2024 lalu.

Beruang madu atau yang dalam bahasa latinnya disebut Helarctos malayanus ini dilepas liarkan di salah satu wilayah konservasi setelah sebelumnya ditangkap di Dusun 2 Mekar Indah Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak.

Proses lepas liar satwa dilindungi ini berlangsung aman dan lancar.

Dilansir dari laman instagram BBKSDA Riau, laporan tentang konflik dengan beruang ini pertama sekali dilaporkan warga setelah ayam-ayam mereka ditemukan mati dan kandanganya dalam kondisi porak poranda pada Rabu (27/3/2024) dinnihari.

Mendapati laporan tentang serangan beruang madu itu, Tim Balai Besar KSDA Riau segera melakukan mitigasi interaksi negatif manusia dan satwa liar itu. Tim terdiri dari Polhut, dokter hewan dan petugas teknis serta dibantu oleh BPBD Kabupaten Siak.

Begitu tim tiba di lokasi dan langsung melakukan koordinasi dengan Kepala Dusun 2 Mekar Indah dan masyarakat sekitar.

Di lokasi serangan, ditemukan kandang ayam yang rusak dan satu ekor sisa bangkai ayam warga yang mati diserang Beruang.

Tim melakukan penyisiran di sekitar lokasi yang merupakan kebun sawit dan menemukan satu ekor Beruang Madu, namun satwa tersebut bergerak cepat menghilang di balik semak.

Tim memutuskan untuk melanjutkan pencarian pada pukul 06.00 WIB, kemudian mendapatkan informasi dari warga bahwa keberadaan Beruang di kebun sawit warga yang berjarak satu kilometer dari lokasi temuan pertama.

Setelah dilakukan pengejaran oleh Tim dan dibantu warga akhirnya Beruang berhasil dievakuasi sekitar pukul 06.30 WIB setelah dilakukan penembakan bius.

Tim memutuskan untuk melepasliarkan kembali satwa tersebut ke habitatnya di kawasan konservasi.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index