Dinkes Inhil Apresiasi Pembentukan Posyandu Jiwa

Dinkes Inhil Apresiasi Pembentukan Posyandu Jiwa

TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Inhil, H Zainal Arifin melalui Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Khusus, Devi Natalia memberikan apresiasi atas terbentuknya Posyandu Jiwa.

 
Posyandu Jiwa yang dibentuk atas inisiatif Kepala UPT Puskesmas Kuala Lahang diharapkan bisa diikuti oleh Puskesmas lainnya di Inhil.
 
"Ini contoh bagus karena Puskesmas Kuala Lahang bisa membentuk Posyandu Jiwa, berarti masyarakatnya sangat peduli dengan kesehatan terutama kesehatan jiwa," ungkapnya, Senin 25 April 2016
 
Untuk diketahui, UPT Puskesmas Kuala Lahang membentuk Posyandu Jiwa bagi penanganan pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).
 
Pembentukan Posyandu Jiwa yang baru pertama kalinya dilakukan di Kabupaten Inhil bahkan Provinsi Riau ini, merupakan hasil pembelajaran langsung di Kota Malang dan Aceh beberapa waktu lalu.
 
Kepala UPT Puskesmas Kuala Lahang, Zulfikar mengatakan, keberadaan  Posyandu Jiwa ini bertujuan untuk memberdayakan pasien ODGJ, sehingga bisa berkarya dan memiliki produktivitas.
 
"Posyandu Jiwa ini lebih kurang seperti Posyandu Balita dan Lansia. Hanya saya yang kita pantau adalah pasien ODGJ yang kondisinya sudah mulai stabil, dengan diajak melakukan Therapy Aktivitas Kelompok (TAK)," tutur Zulfikar.
 
Jelasnya, adapun TAK yang diberikan kepada pasien ODGJ nantinya, yaitu perkenalan, belajar fisioterapi sendiri, bernyanyi, baris berbasis, hitung menghitung, belajar mengetahui nama dan usia orang lain, mengikuti perintah non aturan yang tepat, menyebutkan tujuan kegiatan dan lain-lain. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index