Masyarakat Benayah Siak Laksanakan Aghi Ghayo Onam

Masyarakat Benayah Siak  Laksanakan Aghi Ghayo Onam
Wakil Bupati Siak Husni Merza saat menghadiri perayaan

PUSAKO (RIAUSKY.COM)- Masyarakat di Kampung Benayah, Kecamatan Pusako, kabupaten Siak memiliki tradisi menarik usai merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H bersama umat muslim, kembali mengelar  Hari Raya puasa enam di bulan Syawal.

Hari Raya Enam atau masyarakat sekitar menyebutnya Aghi Ghayo Onam digelar setelah berpuasa enam hari usai 1 Syawal. Puasa enam merupakan ibadah Sunnah yang di anjurkan Rasulullah.

Tradisi hari raya puasa enam selain warga kampung Benayah merayakannya, juga di rayakan oleh sejumlah warga dibeberapa daerah di kabupaten Siak seperti di Sungai Apit, Mempura dan Tualang.

Masyarakat kampung Benayah biasanya mengawali hari raya dengan berziarah ke makam keluarga secara berkelompok. Wabup Husni yang berkesempatan hadiri pada acara itu, mengapresiasi kaum muslim di Benayah yang menyelesaikan puasa enam.

"Kami mengapresiasi kaum muslim menyelesaikan puasa enam, kami juga ingin melaksanakan puasa enam seperti bapak/ibu yang dapat melaksanakan puasa ramadan sebulan penuh serta di tambah puasa enam selama syawal, keutamaannya setara dengan puasa 1 tahun penuh," ucap Wakil Bupati Siak, Husni Merza saat hadir di Masjid Hidayatul Muttaqin, Kampung Benayah, Kecamatan Pusako, Rabu (17/4/2024).

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penggalangan dana pembangunan Masjid Hidayatul Muttaqin Benayah. Pada kesempatan itu, Wabup Husni juga berpartisipasi dalam penggalangan dana dengan menyumbang 50 sak semen kepada panitia pembangunan masjid.

"Agar Masjid Hidayatul Muttaqin Benayah ini, dapat di fungsikan saya infak 50 sak semen. Semoga masjid ini, cepat selesai pembangunannya dan bisa di pakai untuk beribadah warga Benayah," sebutnya.

Husni juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Minal Aidin Wal Faizin, serta memohon maaf lahir dan batin.

"Atas nama pribadi, keluarga, dan Pemerintah Kabupaten Siak, kami mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Semoga semua amal dan ibadah yang kita kerjakan selama bulan suci Ramadan diterima Allah SWT dan dosa-dosa kita dihapuskan aaminn," tutupnya.(R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index