Ribuan Kafilah Kabupaten Kota Ramaikan Pawai Taaruf MTQ di Dumai

Ribuan Kafilah Kabupaten Kota Ramaikan Pawai Taaruf MTQ di Dumai
Kafilah Kuantan Singingi hadir dengan menggunakan kostum adat dan budaya yang meriah dan banyak menarik simpati warga yang menyaksikan.

DUMAI (RIAUSKY.COM)- Ribuan kafilah dari seluruh kabupaten kota memeriahkan pelaksanaan pawai taaruf MTQ tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai, Ahad (21/4/2024) pagi hingga menjelang siang.

Mereka memenuhi perlintasan lokasi pawai taaruf sepanjang lebih 2 kilometer di Jalan Jendral Sudirman Kota Dumai hingga ke Bukit Gelanggang.

Seluruh kafilah tampil dengan atraksinya masing-masing.

Tampil sebagai peserta pertama dalam pawai ini adalah Kabupaten Kampar, dan diakhirnya Kabupaten Rokan Hilir.

Masing-masng tampil dengan aneka busana dan atraksi yang menarik perhatian ribuan warga Kota Dumai yang berheher di sepanjang jalan di kawasan protokol Kot Dumai itu.

''Selamat datang di Dumai... selamat bertanding...'' sapa warga kepada kafilah yang melintas.

Sambutan hangat warga itu juga tak jarang mendapat respon dari kafilah yang menyapa dengan kalimat salam. ''Assalamualaikum Dumai... kami hadir..'' sembari melintas.

Kegiatan pawai taafrud dalam rangka MTQ tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai ini dilepas oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Riau Indra disaksikan juga oleh seluruh kepala daerah kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

Tampak hadir di antaranya adalah Wali Kota Dumai H Paisal, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Bupati Pelalawa H Zukri, Bupati Bengkalis Kasmarni, Bupati Inhu Rezita Meylani, Bupati Rohil Afrizal Sintong, Bupati Rohul Sukiman, Pj Bupati Kampar Hambali, Pj Bupati Inhil Herman, Bupati KUansing Suhardiman Amby dan sejumlah pejabat lainnya.

Masing-masing kepala daerah tampak berdiri saat menyambut penampilan kafilahnya saat melintas di depan podium pelepasan kafilah pawai taaruf.

Kabupaten Kuantan Singingi tampil dengan elegan lewat beberapa atraksi budaya, di antaranya kostum perahu begabdung yang merupakan salah satu atraksi budaya masyarakat setempat.

Sementara Kabupaten Bengkalis tampil dengan ribuan kafilah berseragam merah serta aksi marching band.

Pj Sekda Provinsi Riau Indra mengapresiasi kemeriahan pelaksanaan pawai taaruf yang diikuti seluruh peserta.

Dia pun berharap pelaksanaan MTQ ini bisa berjalan lancar dan sukses, memunculkan qori dan qoriah terbaik untuk  Provinsi Riau dan tentunya yang utama, bisa membumikan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat.

Selain pelaksanaan pawai taaruf dan gelaran lomba antar cabang, pelaksanaan MTQ juga dimeriahkan dengan pelaksanaan bazar MTQ di sekitar area  Islamic Center Kota Dumai yang diikuti seluruh kontingen kabupaten dan kota juga kalangan dunia usaha serta  pelaku UMKM dan kuliner.(R02) 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index