Bupati Alfedri Hadiri Pelepasan 151 Siswa Kelas XII SMK Yamatu Tualang

Bupati Alfedri Hadiri Pelepasan 151 Siswa Kelas XII SMK Yamatu Tualang
Bupati Siak Alfedri menghadiri acara Pelepasan dan pengembalian siswa-siswi kelas XII Tahun Ajaran 2023/2024 Angkatan 19 SMK Yamatu.

SIAK (RIAUSKY.COM)- Bupati Siak Alfedri menghadiri acara Pelepasan dan pengembalian siswa-siswi kelas XII Tahun Ajaran 2023/2024 Angkatan 19 SMK Yamatu kepada wali murid. 

Acara tersebut berlangsung di lapangan SMK Yamatu Kecamatan Tualang, Senin 22 April 2024.

Tahun ini sebanyak 151 siswa siswi kelas XII yang akan lulus berasal dari 4 jurusan yang tersedia di SMK Yamatu, yaitu jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.

Pemerintah Kabupaten Siak memberikan apresiasi terhadap pengelolaan pendidikan SMK Yamatu yang selama ini dinilai cukup baik dalam mempersiapkan peserta didiknya agar siap memasuki dunia kerja dan dunia usaha.

"SMK merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan vokasi, diharapkan setelah tamat nanti, lulusannya dapat langsung terjun ke dunia kerja sesuai dengan keterampilan yang dipelajarinya atau dapat melanjutkan ke tingkat kuliah", kata Bupati Siak Alfedri memulai sambutannya.

Alfedri mengatakan dengan perkembangan dunia usaha dan investasi yang ada di kabupaten siak, memang sangat membutuhkan tenaga tenaga skil dan berketerampilan yang sesuai kompetensi yang dipersyaratkan oleh perusahaan perusahaan.

"Salah satu kebijakan dari pemerintah adalah memperbanyak jumlah sekolah vokasi daripada sekolah umum. Alhamdulillah lulusan dari SMK Yamatu ini telah mendapat sertifikasi kompetensi", lanjut Alfedri.

Alfedri juga menjelaskan bahwa selain dapat langsung bekerja, tidak menutup kesempatan bahwa lulusan SMK untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

"Bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan ke perkuliahan, Pemkab Siak juga telah menyiapkan skema beasiswa unggulan daerah. Beasiswa ini selain membantu uang kuliah juga membantu biaya hidup siswa selama masa perkuliahannya. Selain untuk anak kurang mampu Pemkab Siak juga menyediakan program beasiswa untuk anak siak yang tidak masuk program PKH yang kuliah, dengan syarat nilai IPK untuk jurusan IPA 2,75 dan nilai IPK untuk jurusan IPS 3,00", terangnya.(R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index