Perkiraan Cuaca Di Riau 21 Mei 2024

Perkiraan Cuaca Di Riau 21 Mei 2024

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di Provinsi Riau pada Selasa, 21 Mei 2024, masih berpotensi hujan.

Forecaster on Duty Bella Rizki Adelia mengatakan pagi hari ini, udara diprediksi kabur, berawan dan diprakirakan hujan.

"Hujan dengan intensitas ringan akan turun di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Kampar, dan Kuantan Singingi pagi ini," kata Bella, Selasa pagi.

Kemudian, siang harinya cuaca cerah berawan hingga berawan. Hujan ringan hingga sedang diperkirakan turun di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Kampar, Bengkalis, Pelalawan, dan Kota Dumai.

Sore hingga malam hari, cuaca cerah berawan hingga berawan. Hujan ringan hingga sedang diperkirakan akan turun di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hilir, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelalawan, Indragiri Hulu, Siak, Kota Dumai, dan Pekanbaru.

Dini hari, udara kabur dan berawan dengan hujan ringan hingga sedang yang diperkirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hulu, Kampar, Bengkalis, Siak, Rokan Hilir, Pelalawan, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Kota Dumai, dan Pekanbaru.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini, agar masyarakat waspada terhadap hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Kondisi ini diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelalawan, Kuantan Singingi, Siak, Kota Dumai, dan Pekanbaru pada siang, sore, malam, dan dini hari," sebutnya.

Sementara itu, suhu udara di Riau diperkirakan berkisar antara 24.0 hingga 33.0 °C, dengan kelembapan udara antara 60 hingga 99%. Angin bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan 10 hingga 30 km/jam.

"Untuk prakiraan gelombang laut, tinggi gelombang di wilayah perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0.01 hingga 0.50 meter (rendah)," imbuhnya.

Sedangkan, untuk jumlah titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera pada update pukul 23.00 WIB tercatat sebanyak 27 titik.

Di Provinsi Riau sendiri, terdapat 3 titik panas, dengan rincian 2 titik di Kabupaten Kuantan Singingi dan 1 titik di Kabupaten Indragiri Hilir.

Jumlah titik panas di provinsi lain yaitu Jambi 8 titik, Lampung 4 titik, Sumatera Selatan 8 titik, dan Bangka Belitung 4 titik.(mc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index