BBKSDA Selamatkan Beruang Madu Terkena Jerat di Perbatasan Merangin - Pulau Terap

BBKSDA Selamatkan Beruang Madu Terkena Jerat di Perbatasan Merangin - Pulau Terap
Petugas BBKSDA melakukan evakuasi terhadap beruang madu yang terkena jerat liar di Kampar.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Balai Besar KSDA Riau melakukan aksi penyelamatan terhadap seekor beruang madu (Helarctos malayanus) yang terkena jerat di Perbatasan Desa Merangin dan Desa Pulau Terap, Kabupaten Kampar.

Tim Balai Besar KSDA Riau  melakukan evakuasi dan mitigasi interaksi negatif manusia dan satwa liar. Tim terdiri dari Polhut, Dokter Hewan dan Petugas Teknis serta dibantu masyarakat setempat diturunkan ke lokasi penemuan satwa dilindungi itu.

Dikutip dari laman instagram BBKSDA Riau, Upaya penyelamatan satwa dimulai dengan melakukan pembiusan oleh Tim medis terhadap satwa Beruang Madu. Setelah terbius kemudian dilakukan observasi.

Jerat yang digunakan merupakan tali nilon. Akibat terlilit tali jerat, pada bagian kaki sebelah kanan depan satwa terjadi pembengkakan (radang) karena sirkulasi darah terhenti.

Setelah jerat dilepas,lalu luka pada satwa dirawat dengan pemberian obat anti radang dan anti nyeri serta satwa diberi vitamin. Kemudian dilakukan observasi kembali pada kondisi satwa dengan jenis kelamin jantan yang berusia kurang lebih 5 tahun ini.

Tim medis menyatakan kondisi fisik satwa memungkinkan untuk langsung dilepasliarkan ke kawasan konservasi.

Tim memberikan sosialisasi dan menegaskan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pemasangan jerat maupun berburu satwa liar terutama di lokasi habitat satwa liar di kawasan konservasi.(R04)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index