Bank Riau Kepri Raih 4 Penghargaan BUMD Award

Bank Riau Kepri Raih 4 Penghargaan BUMD Award
Direktur Utama Bank Riau Kepri (BRK) Irvandi Gustari
JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) yang beranggotakan 416 Pemerintah Kabupaten di Indonesia dan bekerja sama dengan Lembaga Riset Manajemen PPM dan Business News, mengganugerahkan 4 penghargaan kepada Bank Riau Kepri.
 
Direktur Utama Bank Riau Kepri (BRK) Irvandi Gustari menyampaikan, award yang diraih merupakan hasil prestasi bersama dari para stakeholders Bank Riau Kepri. 
 
Menurutnya, tidaklah mungkin pihaknya dapat meraih award tingkat nasional dalam kategori “Top CEO BUMD based on Character & Sof Competency 2016”, bilamana para Stakeholders Bank Riau Kepri tidak komit dalam menumbuhkembangkan perusahaan.
 
“Jauh lebih penting yang harus ditonjolkan ke depannya harus lebih baik dan jangan lupa proses perubahan itu sangat dinamis dan pesaing selalu tidak diam dalam era ‘competitiveness’,” ini ujar Irvandi.
 
Dalam proses pemilihan Top BUMD 2016 dilakukan seleksi dari aspek kinerja baik kuantitatif dan kualitatif termasuk peran serta pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, manfaat bisnis bagi para Shareholders-nya serta  tetap selalu mengedepankan aspek Good Corporate Governance.
 
Di dalam parameter penilaian tersebut juga mengacu kepada aspek TARIF yaitu Transparasi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Indepedensi dan Fairness. Menurut Ketua Dewan Juri, yang masuk dalam penilaian tahap awal adalah 2000 perusahaan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), dan setelah dilakukan penyaringan tahap kedua adalah diperoleh 200 Perusahaan BUMD yang terpilih sesuai kategori yang telah ditetapkan oleh Dewan Juri.
 
Selanjutnya dari 200 perusahaan BUMD dilakukan seleksi dengan sangat ketat dan termasuk dilakukannya penilaian pada aspek paparan program bisnis yang telah dijalankan dan tahap wawancara secara panel oleh seluruh  Tim Dewan Juri.
 
Berdasarkan evaluasi kinerja 2015/2016  berkat adanya perbaikan serta pembenahan yang konsisten walaupun dalam kondisi perekonomian global melambat serta diterpa masalah kabut asap selama 3 bulan di tahun 2015, Bank Riau Kepri diganjar penghargaan “Top CEO BUMD based on Character & Soft Competency 2016” dan Top BUMD 2016 Special Improvement: Layanan Pelanggan, dan atas segala prestasi yang diraih Bank Riau Kepri tersebut, Dewan Juri memutuskan pula memberikan Award kepada Gubernur Riau dan Gubernur Kepulauan Riau dalam kategori “ Top Pembina BUMD 2016”.
 
Bank Riau Kepri sendiri di akhir April lalu juga meraih prestasi tingkat nasional yaitu meraih rangking 3 tingkat nasional Service Excellence se-BPD Indonesia dan selama tahun 2015 lalu Bank Riau Kepri juga telah meraih 12 Award Penghargaan terhadap berbagai kategori atas kinerja pada tingkat nasional. 
 
BUMD Paling Sehat
Kepala Perwakilan BPKP Riau Sueb Cahyadi mengatakan ada 7 BUMD di Riau, dan hanya Bank Riau Kepri yang sehat. Menurut dia tentu menjadi tugas bersama untuk menjadikan BUMD yang lain ikut menjadi sehat dan kuat.
 
“Kunci utama dalam menjadikan BUMD yang sehat tentu saja dengan penyelenggaraan BUMD secara Good Corporate Governance (GCG),” katanya.
 
BPKP kata Sueb bersedia untuk mendampingi seluruh BUMD dalam konsultasi pengelolaan manajemen, konsultasi permasalahan pengelolaan keuangan dan penyelenggaraan GCG termasuk dalam kaitan pengelolaan administrasi yang sesuai dengan aturan dan lainnya sesuai dengan peran dan fungsi BPKP.
 
“Khusus di Riau permasalahan BUMD biasanya permasalahannya adalah penyelenggaraan GCG yaitu TARIF (Transparency, Accountability, Responsibility, Indepandency dan Fairness),” katanya.
 
Sueb mengatakan Bank Riau Kepri sebagai BUMD yang paling sehat di Riau diharapkan menjadi lokomotif penggerak utama pelaksanaan GCG BUMD di Riau, termasuk peningkatan kompetensi dari para personil BUMD di Riau. Selain itu nantinya akan dilakukan berbagai kegiatan yang berkesinambungan berkaitan dengan pelaksanaan GCG di BUMD Povinsi Riau.
 
Sueb Cahyadi juga mengapresiasi Bank Riau Kepri yang telah bersedia menjadi motor dan role model dalam pembenahan BUMD di Riau secara keseluruhan dengan pendampingan oleh BPKP Riau.
 
Selain pelaksanaan workshop juga dilaksanakan penandatangan pakta integritas Peningkatan Kinerja BUMD Provinsi Riau yang ditandatangani oleh jajaran direksi dan komisaris yaitu PT. Bank Riau Kepri, PT. Pengembangan Investasi Riau, PT. Sarana Pembangunan Riau, PT. Pengembangan Ekonomi Rakyat, PT. Jamkrida dan PT. Riau Petrolium. (R02/Advertorial)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index