Tak Lunasi Biaya Keberangkatan, 25 JCH Rohul Batal Terbang ke Tanah Suci

Tak Lunasi Biaya Keberangkatan, 25 JCH Rohul Batal Terbang ke Tanah Suci
Ilustrasi keberangkatan Haji
PASIRPANGARAIAN (RIAUSKY.COM)- Karena terlambat melunasi kewajiban membayarkan Biaya Perjalana Ibadah Haji (BPIH) hingga tenggat waktu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, sebanyak 25 orang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Rokan Hulu batal terbang ke tanah suci. 
 
Ke-25 orang tersebut, seperti disebutkan Kepala kantor Kementerian Agama Rokan hulu, Supardi, Selasa, 14 juni 2016 hingga periode jumat, 10 juni 2016 lalu, belum membayarkan kewajiban untuk setoran BPIH tahap pertama, sehingga pihaknya terpaksa membuat kebijakan membatalkan rencana keberangkatan mereka tahun ini. 
 
''Karena tidak melunasi kewajiban, otomatis, JCH tersebut hilang hak nya untuk diberangkatkan tahun ini dan kita akan upayakan mereka bisa diberangkatkan pada tahun 2017 yang akan datang,'' ungkap Supardi. 
 
Supardi menjelaskan, 25 JCH yang tidak melunasi BPIH tahap pertama itu terdiri dari 23 JCH dari 238 JCH yang positif akan diberangkatkan tahun 2016 ini. Sedangkan dari 17 JCH cadangan, 2 JCH di antaranya tidak melunasi hingga batas waktu habis.
 
Perhitungannya, sebut dia,  dari total 238 JCH Rohul yang masuk porsi berangkat tahun ini, 215 JCH di antaranya sudah melunasi BPIH. Dan dari 17 JCH cadangan, 15 JCH sudah melunasi.
 
''Kita sudah cek datanya, di Siskohat Kemenag RI, jadi ke-25 orang JCH itu memang belum melunasi kewajiban, bukan karena faktor lain,'' kata dia.(R19)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index