Wali Kota Ingin Pelayanan Kesehatan di Pekanbaru Harus Lebih Baik dari Malaka

Wali Kota  Ingin Pelayanan Kesehatan di Pekanbaru Harus Lebih Baik dari Malaka
Wali Kota Pekanbaru, Dr Firdaus ST MT menandatangani prasasti beroperasinya RS Prima di Jalan Tuanku Tambusai Ujung.
PEKANBARU(RIAUSKY.COM) - Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT mengatakan, pelayanan kesehatan di Pekanbaru harus lebih baik dan terus ditingkatkan, selain fasilitas yang disediakan Pemarintah, pihak swasta juga harus  memberi sumbangsih mengoptimalkan kesehatan di Kota Bertuah.
 
"Terimakasih kepada Rumah Sakit Prima yang telah berkontribusi terhadap pembangunan daerah, sesuai namanya 'Prima', kami harap pihak RS dapat memberikan pelayanan prima dan penanganan yang optimal ke masyarakat," katanya, saat meresmikan RS Prima di Jalan Tuanku Tambusai Ujung Pekanbaru, belum lama ini.
 
Rumah Sakit juga harus membawa dua misi yakni, sebagai perusahaan untuk mengambil keuntungan dan juga melayani kesehatan masyarakat. Sebab jika hanya mencari keuntungan saja tapi pelayanan kurang, maka akan berdampak terhadap RS itu sendiri, begitu juga sebaliknya. 
 
Saat ini masyarakat Riau dinilai cenderung lebih banyak berobat ke RS yang ada di Malaka, hal itu menurut wako, bukan lantaran fasilitas atau kualitas dokter yang berbeda dengan RS di Riau. Namun karena tingkat pelayanan yang diberikan kepada masyarakat jauh dinilai lebih baik, sehingga RS di Malaka menjadi pilihan masyarakat untuk mengobati penyakitnya.
 
"Dokter disana itu, mereka masih merasa tinggal disatu planet, jadi komunikasinya dengan pasien lebih terasa, Kedekatan antara dokter dan pasien harus dibangun, tak boleh ada jarak, sehingga warga yang berobat pun merasa punya emosional yang baik dengan dokter dan tenaga medis yang melayani pasien," sentil wako.
 
Secara fisik, ungkap Firdaus,  RS di Malaka masih jauh tertinggal dibanding RS di Indonesia umumnya dan Riau khususnya, namun faktanya, setiap bulan sekitar 2.000 orang Riau selalu berobat ke Malaka, walalupun hanya sekedar untuk pemeriksaan kesehatan. Disebutkannya, saat ini Pekanbaru memiliki 20 Rumah Sakit, 250 klinik 24 jam dan 23 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).
 
"Dengan beroperasinya RS Prima ini, Firdaus berharap dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat sehingga anggapan masyarakat terhadap pelayanan di negeri sendiri juga menjadi lebih baik," tandas wako.
 
Pesan yang paling jelas disampaikan walikota kepada para pemilik dan pengelola pelayanan kesehatan baik swasta maupun milik pemerintah adalah peningkatan pelayanan yang ramah dan memasyarakat.
 
" Rumah sakit semakin banyak, layanan kesehatan juga semakin banyak, kita syukuri perkembangan ini, tapi satu hal yang kita amanatkan kepada seluruh pengelola pelayanan kesehatan baik klinik maupun rumah sakit agar pelayanan harus semakin baik. Keramahan, dan ketelatenan serta diagnose yang tepat dan cepat sudah sebagian dari upaya penyembuhan bagi pasien,'' pesannya.
 
Pemko Pekanbaru sendiri terus membenahi fasilitas yang ada. Beberapa waktu lalu Pemko telah mendirikan Puskesmas wisata yang ramah lingkungan. Selain itu RSUD yang berapa di jalan Garuda Sakti tidak lama lagi segera selesai dibangun.
 
"Fasilitas kesehatan ini sangat perlu dioptimalkan, pemerintah sendiri terus menggesa pembangunan dan mengembangkan fasilitas ke arah yang lebih baik lagi," tandasnya.
 
Pada kesempatan itu walikota juga berkeliling melihat langsung fasilitas yang dimiliki RS Prima, bebeberapa alat peraga kesehatan dan 40 dokter pun diperkenalkan kepada Walikota pertanda RS siap beroperasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
 
"Alhamdulillah setelah kita cek beberapa fasilitas di RS ini, saya kira ini lebih dari kata memadai. Saya harap RS prima dapat memberi kepercayaan lebih ke masayarakat, agar masyarakat tidak lagi harus bertolak ke Melaka atau negeri tertangga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," harapnya.(ADV/R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index