Temu Wartawan Daerah Bank Indonesia

Media Diminta Jadi Mitra yang Strategis Bagi Bank Indonesia

Media Diminta Jadi Mitra yang Strategis Bagi Bank Indonesia
Mirza Adityaswara, Deputi Gubernur Senior BI saat memberikan sambutan.

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Guna memberikan pemahaman terkait dengan fungsi dan tugasnya, Bank Indonesia (BI) menggelar serangkaian acara pelatihan dengan melibatkan wartawan dari seluruh Indonesia.

Kegiatan yang dikemas dalam acara Temu Wartawan Daerah Bank Indonesia digelar tanggal 9-12 Oktober 2016 di hotel Grand Mercure, Jakarta.

Deputi Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia  menyebut kalau kegiatan ini rutin digelar untuk memberikan pemahaman  bagaimana selama ini BI menjalankan tugas dan fungsinya.

"Selain tentunya juga sebagai ajang silaturahmi antar sesama wartawan dari seluruh Indonesia," ujarnya, Senin 10 Oktober 2016.

Ditambahkannya, karena banyaknya peserta, pihak panitia terpaksa membagi menjadi dua gelombang.

Gelombang pertama dikuti oleh wartawan dari Pulau Jawa, Sulawesi dan Bali. Sementara gelombang kedua diikuti oleh wartawan dari Pulau Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku dan juga Papua.

Sementara itu Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara berharap pelatihan ini bisa lebih memberikan pemahaman yang lebih mendalam bagi peserta, sehingga informasi yang sampaikan kepada masyarakat bisa lebih dipahami.

"Karena harus kita akui kalau informasi ekonomi dan bisnis lebih sulit dicerna dibandingkan dengan informasi lainnya, makanya perlu peran media," ujarnya.

Ditambahkannya, pada dasarnya sesuai dengan aturan yang ada, tugas BI yaitu ada tiga, yaitu terkait dengan moneter, sistem pembayaran dan stabilitas sistem keuangan.


Ia berharap dengan nara sumber yang hadir ia akan banyak informasi yang akan bisa didapat peserta, apalagi pembicara adalah orang-orang yang berkompeten di bidangnya.

"Mudah-mudahan apa yang nantinya akan kami sajikan bisa bermanfaat bagi peserta yang hadir," harapnya.

Beberapa materi yang akan disampaikan antara lain, yaitu kebijakan uang muka kredit dan perannya terhadap pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi BI melalui pendekatan pengembangan klaster, inflasi di Indonesia dan tantangannya dan gerakan nasional non tunai.

Materi Pengendalian Inflais dDearah untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat dan Program Klaster Pengendalian Inflasi disampaikan oleh Handri Adiwilaga yang merupakan Asisten Direktur Departemen Ekonomi Moneter Bank Indonesia, Ika Tejaningrum yaitu Deputi Direktur Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia serta Harrys S Baskoro yang merupakan Deputi Direktur Departemen Regional 1 Bank Indonesia.

Ada juga materi tentang Gerakan Non Tunai disampaikan oleh Susi Dewi yang merupakan Deputi Direktur Departemen Kebijakn dan Pengawasan Sistem pembayaran.

Tidak hanya itu, peserta juga diberikan pehamanan bagaimana proses dan prosedur pencetakan uang oleh pemerintah melalui Bank Indonesia dengan materi Pengelolaan Uang Rupiah dan Kewajiban Mengguankan Uang Rupiah yang disampaikan oleh Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Asral Mashuri.

Dan yang tak kalah serunya saat peserta diberikan pelatihan menjadi wartawan ekonomi bersama wartawan senior Suryo Pratomo, Pemred dan Direktur Pemberitaan Metro TV.

Usai pemberian materi, para peserta juga nantinya akan diajak untuk mengunjungi museum Bank Indonesia, namun untuk rencana kunjungan ke Peruri dibatalkan. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index