Bahayakah Mengkonsumsi Kopi Selama Hamil? ini Jawabannya

Bahayakah Mengkonsumsi Kopi Selama Hamil? ini Jawabannya
ilustrasi (internet)
JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Mengkonsumsi kopi secara 1-2 cangkir sehari saat hamil tidak membahayakan IQ anak yang belum lahir atau menyebabkan masalah perilaku, menurut sebuah studi dari The Research Institute di Rumah Sakit Nationwide Children yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology.
 
"Kami tidak menemukan bukti bahwa konsumsi kafein selama masa kehamilan mempengaruhi kognisi anak atau perilaku pada usia empat atau tujuh tahun," kata Mark A. Klebanoff, MD, peneliti utama di Pusat Penelitian Perinatal di Institut Penelitian di Nationwide Children.
 
Peneliti menganalisis penanda kafein dalam darah 2197 ibu hamil yang mengambil bagian dalam Collaborative Perinatal Project di Amerika Serikat yang diadakan antara 1959-1974. Menurut para peneliti, periode tersebut memiliki tingkat konsumsi kopi yang sama tinggi seperti hari ini.
 
Para peneliti melihat hubungan antara bahan kimia yang disebut paraxanthine, metabolit primer kafein, di dua periode selama kehamilan. Mereka kemudian membandingkan level IQ dan perilaku anak pada usia empat dan tujuh tahun.
 
Para peneliti menemukan tidak ada pola yang konsisten antara konsumsi kafein oleh ibu dan pengembangan dan perilaku anak-anak di titik-titik hidup mereka.
Demikian seperti dilansir dari okezone.com Jumat (27/11/2015). (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index