WTP dan Tepat Waktu Petapan APBD, Pemkab Pelalawan Dapat Rp5 Miliar

WTP dan Tepat Waktu Petapan APBD, Pemkab Pelalawan Dapat Rp5 Miliar
Hanafie S.Sos
PANGKALANKERINCI (RIAUSKY.COM)- Prestasi apa yang diraih Pemkab Pelalawan ini sepertinya layak di contoh oleh pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Riau. 
 
Sukses mengelola sistem keuangan dan aset, kabupaten ini mendapatkan gelar Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan juga dinilai konsisten dan tepat waktu dalam melakukan pembahasan dan penetapan anggaran daerah, sehingga kemudian berhak mendapatkan bonus hadiah berupa Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp5 miliar.
 
''Ya benar, Pemkab Pelalawan dinilai berprestasi dalam pengelolaan aset dan pengelolaan sistem keuangan dalam pembahasan APBD, jadi kita dapat dana insentif sebesar Rp5 miliar dari pemerintah pusat,''ungkap  Kabag Keuangan Setdakab Pelalawan Hanafie SSos MSi, akhir pekan lalu.
 
Menurut Hanafie, penghargaan ini diberikan karena pelalawan berhasil mendapat penilaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah 2014 serta menetapkan Perda APBD 2015 tepat waktu dan memenuhi batas minimum nilai kinerja tepat waktu yang ditetapkan.
 
''Kita patut bersyukur dan mempertahankan kinerja yang sudah kita raih ini. Pemerintah Pusat juga mengharapkan agar bantuan DID ini dapat memotivasi Pemkab Pelalawan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerah, memperbaiki pelayanan dasar publik, serta memacu kinerja ekonomi dan kesejahteraan daerah,'' ungkap Hanafie.
 
Dana Insentif ini nantinya bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar Pemkab Pelalawan dalam menjalankan program-program sebelumnya telah dicanangkan khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan yang telah tertuang dalam program Pelalawan Cerdas dan program Pelalawan Sehat.
 
"Jadi, Pemerintah Pusat memberikan kewenangan kepada Pemkab Pelalawan terkait penyaluran dan peruntukan bantuan DID ini. Dan atas kewenangan tersebut, maka DID ini kita fokuskan untuk mengoptimalkan program Pelalawan Cerdas dan program Pelalawan Sehat yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di Negeri Amanah ini," sebutnya.
 
Hanafie juga mengatakan, bahwa Bupati Pelalawan telah memberikan instruksi agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Pelalawan, dapat terus meningkatkan kinerja terutama dalam pengelolaan keuangan daerah yang saat ini sudah menerapkan sistem pelaporan berbasis akrual. (R01/i)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index