Di Air Tiris-Kampar, Cagubri Arsyadjuliandi Rachman Jadi Imam Shalat Ashar di Masjid Jami'

Di Air Tiris-Kampar, Cagubri Arsyadjuliandi Rachman Jadi Imam Shalat Ashar di Masjid Jami'

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Calon Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menjadi imam shalat ashar di Masjid Jami' Air Tiris, Kabupaten Kampar, Riau pada Rabu (28/2/2018) sore.

Cagubri yang merupakan nomor urut empat ini singgah untuk shalat di masjid tersebut usai melakukan kampanye dialogis di Kampung Panjang Air Tiris, Kecamatan Kampar Utara, Kampar.

Pria yang akrab disapa Andi Rachman ini juga khusuk mengimami sekitar dua puluhan jamaah di masjid tersebut hingga akhir tahiyat akhir.

Usai menunaikan shalat wajib empat rakaat tersebut, Andi Rachman sempat melihat-lihat sisi bangunan masjid tua yang masih tampak kokoh tersebut. Yang mana, masjid yang terletak di Jalan Pasar Usang Desa Tanjung Barulak, Kecamatan Kampar, Kampar ini dibangun pada tahun 1901 Masehi oleh seorang ulama bernama Engku Mudo Songkal yang lahir tahun 1826 dan meninggal pada tahun 1927.

Saat pembangunan masjid, para ninik-mamak yang disebut "Nini Mamak Nan Dua Belas" dari berbagai suku yang ada dalam seluruh kampung bergotong royong. Lalu akhirnya tahun 1904, masjid yang bangunannya berasal dari kayu dan menggunakan pasak ini selesai dibangun dan diresmikan oleh seluruh masyarakat Air Tiris dengan menyembelih 10 ekor kerbau.

"Masjid ini sudah berumur 117 tahun dan merupakan peninggalan sejarah, harus kita jaga. Shalat di sini juga terasa nyaman dan damai," kata pria yang maju Pilgubri 2018 bersama Suyatno ini sembari berbincang dengan beberapa jamaah sebelum meninggalkan masjid, Rabu sore.

"Saya pamit ya bapak-ibu." pungkas Andi dengan ramah menyalami satu persatu jamaah. (R10/Mc)

Listrik Indonesia

#PILGUBRI 2018

Index

Berita Lainnya

Index