Ditetapkan Sebagai Pemenang Pilgubri, Syamsuar-Edy Bakal Dilantik Maret 2019

Rabu,25 Juli 2018 | 00:41:35 WIB
Ditetapkan Sebagai Pemenang Pilgubri, Syamsuar-Edy Bakal Dilantik Maret 2019
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, telah selesai melaksanakan tahap akhir Pilkada Riau tahun 2018 yakni Pleno Penetapan Pemenang Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Riau tahun 2018. 

Tahapan selanjutnya yakni pelantikan yang nanti akan dilaksanakan oleh pemerintah.

Ketua KPU Riau,  Nurhamin, usai pleno mengatakan bahwa pelaksanaan pleno ini merupakan puncak dari Pilgub Riau. Setelah dinyatakan tidak ada sengketa oleh Mahkamah Konstitusi maka KPU Riau secepatnya melakukan penetapan.

"Untuk jadwal pelantikannya, itu nanti tergantung Pemprov Riau dan juga Mendagri," ujar Nurhamin.

Sementara, Asisten I Setdaprov Riau yang mewakili Gubernur pada kesempatan itu mengatakan bahwa jadwal pelantikan Syamsuar-Edy sebagai Gubernur dan Wagub Riau masih cukup lama. Ia menjelaskan pelantikannya masuk pada gelombang kedua untuk Pilkada Serentak 2018 ini.

"Ada dua gelombang pelantikan yakni yang akhir masa jabatan sebelum Oktober dan setelah Oktober 2018," ujar Ahmad.

Ahmad Syah menjelaskan bahwa untuk gelombang kedua ini, termasuk di Riau, pelantikannya dilaksanakan Maret 2019. Karena masa jabatan gubernur saat ini habis di Februari 2019, maka nantinya juga akan ada Plh Gubernur.

"Hingga saat ini kita masih menggunakan ketentuan tersebut, di mana pelantikan gubernur terpilih di Maret 2019. Kecuali ada perubahan nantinya, maka bisa jadi ada perubahan jadwal," sebut Ahmad Syah. (R06/Mcr)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
#PILGUBRI 2018 Index »
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS