Tahun Ini, DPP Targetkan Tera Ulang Timbangan Pedagang di 4 Pasar di Pekanbaru

Tahun Ini, DPP Targetkan Tera Ulang Timbangan Pedagang di 4 Pasar di Pekanbaru

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru menargetkan seluruh timbangan pedagang di 4 pasar ditera ulang.

Direncanakan, pertengahan Maret ini akan dimulai secara bertahap.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang Perdagangan DPP Kota Pekanbaru Zuarman, Jumat (2/3).

Menjelang tera ulang timbangan dilakukan, DPP Kota Pekanbaru lebih dulu melakukan edukasi kepada para pedagang dengan turun ke pasar.

"Tahap ini adalah tahap sosialisasi. Pedagang akan kami imbau tidak menggunakan timbangan orange lagi. Kami juga memasang spanduk di setiap pasar, sehingga pedagang dan konsumen tahu mana timbangan yang boleh digunakan dan tidak boleh digunakan," ujar Zuarman.

Zuarman menerangkan, setelah melakukan sosialisasi, DPP Kota Pekanbaru baru bisa melakukan tera di beberapa pasar. Dimana Pemko Pekanbaru menargetkan setidaknya ada empat pasar yang akan tertib ukur tahun ini. Diantaranya Pasar Rumbai, Pasar Labuh Baru, Pasar Higienis serta Pasar Cik Puan.

"Ada dua jenis sidang tera wajib yang kita layani sesuai UU 2 Tahun 81 Tentang Metrologi Legal, yakni Sidang Tera Ulang (STU) dan Sidang Tera Kantor (STK). STU ialah tera dilakukan di pasar langsung.

Sementara STK ialah sidang tera yang dilakukan di kantor metrologi. Biasanya kalau di kantor pedagang yang datang ke kami," tuturnya.

Zuarman menambahkan, sidang tera dilakukan sekali dalam setahunnya sesuai dengan APBD.

"Iya, STU itu sifatnya kegiatan yang dibiayai APBD atau APBN. Jadi biasanya dilakukan sekali dalam setahun. Bagi pedagang yang melakukan STU tidak dipungut biaya alias gratis," tutupnya. (R05/Kominfo)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index