KPU Riau Sosialisasi Pilgubri 2018 di Kampus UIR

KPU Riau Sosialisasi Pilgubri 2018 di Kampus UIR

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Melalui program Goes to Campus, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau sosialisasikan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgubri) Riau tahun 2018. Sabtu (12/5/2018) siang.

Rangkaian sosialisasi di kampus UIR ini merupakan lanjutan dari sosialisasi yang sama dilaksanakan KPU di beberapa kampus di Riau sebelumnya. Acara yang berlangsung di Gedung Rektorat Kampus UIR Pekanbaru itu, dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Ir Rosyadi, MSi dan dihadiri Wakil Dekan III FISIPOl Kasmanto Rinaldi, SH, MSi.

Kebijakan KPU melaksanakan sosialisasi Pilgubri di kampus UIR ini mendapat apresiasi dari Rosyadi, dan Dia juga menyampaikan kegembiraannya karena dari Lima Komisioner KPU Riau saat ini, tiga diantaranya merupakan Dosen dan alumni UIR.

"Kita patut berbangga, karena dari Lima Komisioner KPU Riau saat ini, Tiga diantaranya merupakan Dosen dan Alumni UIR mereka adalah  Ilham, Syapril Abdullah dan Abdul Hamid. Apa yang diraih dan diperoleh alumni dan Dosen UIR saat ini hendaknya bisa menjadi motivasi bagi Mahasiswa UIR saat ini, agar kelak bisa juga menempati atau menjadi orang yang sukses diluar," kata Rosyadi.

Kepada Mahasiswa, Rosyadi menghimbau agar dapat mengikuti dan menggunakan hak pilih dalam Pilgubri mendatang, karena dari sinilah proses pembelajaran berdemokrasi diajarkan. Apalagi bagi mahasiswa yang baru pertama kali menggunakan hak pilih.

"Jangan sampai tidak datang pada 27 Juni mendatang ke TPS, gunakan hak pilih saudara-saudara dalam menentukan pemimpin Riau yang berkualitas untuk Lima tahun kedepan. Jangan golput karena golput hanya membuat kita rugi. Sampaikan ke kawan-kawan saudara bahwa memilih pemimpin itu hak kita, dan penting kita lakukan dalam menentukan masa depan Riau," pesan Rosyadi.

Program goes to campus, menurut Rosyadi, penting sebab prigram ini dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan mahasiswa untuk mengetahui tahapan-tahapan pilkada. Dan, perguruan tinggi menjadi barometer dari keberhasilan pelaksanaan demokrasi. Rosyadi menghimbau mahasiswa UIR supaya memberdayakan bagaimana berdemokrasi yang baik.

''Sebagai intelektual muda mahasiswa itu didengar ucapannya oleh masyarakat. Mereka dapat menjadi mentor demokrasi dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah, pemilihan presiden maupun pemilihan anggota legislatif,'' tegas Rosyadi.

Sementara Komisioner KPU Riau, Ilham SH dan Syapril Abdullah, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa saat ini KPU Provinsi Riau sedang melaksanakan tahapan-tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, termasuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hilir. 

Untuk keperluan sosialisasi, kata Syapril, KPU tidak saja masuk dan keluar  kampus, tetapi juga bertemu dengan organisasi sosial kemasyarakatan.Sama dengan harapan yang disampaikan Rosyadi, Syapril juga menghimbau kepada mahasiswa untuk menggunakan hak pilih pada tanggal 27 Juni nanti. Tiga menit di bilik suara akan menentukan lima tahun masa depan Riau. 

''Kalau nama saudara belum tercantum dalam daftar pemilih, silakan datang ke TPS, gunakan KTP elektronik saudara untuk memilih. Bila tak punya KTP, silakan minta surat keterangan dari dinas kependudukan catatan sipil," jelasnya.

Diakhir pemaparannya, Syapril juga menyampaikan bahwa KPU sudah meloloskan empat pasang calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Riau untuk di pilih. "Pilihlah satu dari empat pasang itu mana calon yang menurut saudara cocok memimpin Riau," pungkasnya. (R06/Mcr)

Listrik Indonesia

#PILGUBRI 2018

Index

Berita Lainnya

Index