Bupati Mursini Buka Tradisi Silat Menyerayo dan Turun ke Ladang di Laman Pendekar Leman

Bupati Mursini Buka Tradisi Silat Menyerayo dan Turun ke Ladang di Laman Pendekar Leman

TELUK KUANTAN (RIAUSKY.COM) - Bupati Kuantan Singingi, Mursini membuka secara resmi  tradisi  silat menyerayo dan turun ke ladang di laman pendekar Leman yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada Senin Siang (20/8/2018) di Desa Pulau Kumpai Kecamatan Pangean.

Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan tradisi Silat Pangean beberapa minggu lalu juga dilaksanakan  di Laman Pendekar Malin Baromban Bosi di Desa Pembatang.

Tradisi Silat Pangean ini kiranya dapat merajut silaturahmi untuk  kemajuan negeri Pangean maupun Kabupaten Kuantan Singingi.

Selanjutnya, Bupati Mursini pada kesempatan ini menyampaikan apresiasinya terutama kepada datuk-datuk penghulu yang hadir dan telah melestarikan budaya leluhur Pangean.

Keberagaman Tradisi Silat antara Pendekar Malin dan Pendekar Leman ada perbedaan silsilah dari pada khasanah budaya Silat khusus Negeri Pangean, sebagaimana disampaikan Datuk Penghulu tadi bahwa Silsilah Tradisi Pendekar Malin turun dari mamak ke kemanakan, sedangkan Silsilah Silat Pendekar Leman turun dari Bapak ke anak-anak,"ujar Bupati.

Bupati Mursini juga menyampaikan terima kasih kepada guru-guru silat yang telah memberikan ilmu secara turun-temurun kepada anak cucu di negeri Pangean khususnya dan Kuansing umumnya semoga Silsilah Silat Pangean ini akan terus terjaga dengan baik.

Seterusnya, Bupati Mursini menanggapi beberapa usulan Pembangunan dari Camat Pangean, diantaranya Pembangunan Jaringan Irigasi di Kecamatan Pangean, Bupati minta Camat Pangean silahkan diusulkan untuk tahun 2019, agar usulan tersebut dapat masuk dalam RKPD, mudah-mudahan tahun depan bisa direalisasikan.

"Saya minta Kabag Pembangunan untuk mencatat usulan Camat Pangean tentang usulan Pembangunan Jaringan Irigasi, ini sejalan dengan program Pemerintah Daerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, semoga dengan bagusnya jaringan irigasi bisa kita terapkan dua kali tanam dalam setahun," harap Bupati Mursini. (R12/Mcr)

Listrik Indonesia

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index