Progam Bank Sampah RAPP, dari Sampah Menjadi Berkah

Progam Bank Sampah RAPP, dari  Sampah Menjadi Berkah
Direktur RAPP, Ali Sabri memperlihatkan hasil kerjaninan tangan yang dibuat ibu-ibu Riau Kompleks dari hasil daur ulang sampah.

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Paradigma pengelolaan sampah yang bertumpu pada pendekatan akhir sudah saatnya ditinggalkan dan diganti dengan paradigma baru pengelolaan sampah. Paradigma baru adalah memandang sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan.

Bank sampah merupakan strategi dalam mengembangkan dan membangun kepedulian masyarakat agar dapat berkawan dengan sampah bukan menjadikannya sebagai lawan, tidak terkecuali PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Saat ini perusahaan yang memproduksi pulp dan kertas ini ikut Pengembangan Program Bank Sampah.

Kepala Bidang Lingkungan Hidup Pelalawan, Akhtar mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi adanya bank sampah ini serta pelatihan-pelatihan yang akan diberikan oleh tim bank sampah.

"Kalau kita berbicara tentang sampah, tidak akan habisnya akan selalu ada. Kami sangat apresiasi kepada RAPP yang telah mencanangkan pelatihan-pelatihan untuk program ini. kami berharap janganlah jadikan ini hanya sebagai moment sesaat dan dari kami insyaallah akan kami jadikan ini sebagai pilot project untuk kabupaten pelalawan," tutur Akhtar sekaligus meresmikan gedung bank sampah di Riau Kompleks.

Ketua Bank Sampah, Endang Juwita Sari mengatakan bank sampah ini bertujuan sebagai wadah bagi ibu-ibu untuk dapat mengembangkan kreatifitasnya. 

"Tujuan dari bank sampah ini sebagai menjadi momentum awal membina kesadaran kolektif masyarakat untuk mulai memilah, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah guna membangun lingkungan yang lebih baik sekaligus membangun ekonomi," ujarnya.

Selain itu Endang juga mengatakan mereka akan memberikan pelatihan-pelatihan kepada para utusan dari masing-masing RT maupun Paguyuban agar daur ulang sampah yang mereka hasilkan mempunya nilai ekonomis. 

Direktur RAPP, Ali shabri juga berharap bank sampah ini nantinya akan memiliki banyak nasabah seperti bank-bank pada umumnya. Dia juga berharap dengan adanya bank sampah ini dapat menyadarkan masyarakat arti pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Seperti mottonya "Dari Sampah Menjadi Berkah". (Rls)

Listrik Indonesia

#RAPP

Index

Berita Lainnya

Index