Diviralkan Jokowi, Ustadz Abdul Somad Jelaskan Soal 'Jaenudin Naciro' Istilah dari Lagu Nissa Sabyan

Diviralkan Jokowi, Ustadz Abdul Somad Jelaskan Soal 'Jaenudin Naciro' Istilah dari Lagu Nissa Sabyan
Ustadz Abdul Somad

RIAUSKY.COM - Ustadz Abdul Somad memberikan penjelasan terhadap istilah 'Jaenudin Naciro' yang sempat diviralkan Jokowi beberapa waktu lalu. 

Ustadz Abdul Somad (UAS) pun menjelaskan, ucapan Jaenudin Naciro yang dilakukan Jokowi itu seharusnya adalah Zayyinuddin Yahtirom. Ucapan itu bagian dari lagu Deen As Salaam yang dinyanyikan Sabyan Gambus dengan vokalis Nissa Sabyan.

Penjelasan Ustadz Abdul Somad soal Jaenudin Naciro yang diviralkan Jokowi tersebut seperti dalam video yang diposting melalui Twitter oleh Nana lewat akun @ronavioleta; pada tanggal 19 Desember 2018.

Video tersebut pun kembali dibagikan masyarakat, termasuk Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Fahri Hamzah lewat akun Twitternya @fahrihamzah; pada Rabu (19/12/2018).

Ustadz Abdul Somad bahkan mengeja kata per kata Zayyinuddin Yahtirom dalam tulisan bahasa Arab. "Hiasilah dunia dengan sikap saling menghormati," jelas Ustadz Abdul Somad mengeja.

"Tapi, kemudian, pada saat pengucapannya 'Zayyinud-din', asalnya dari 'Dunniya', tapi karena fusha (pengejaan bahasa Arab, sehingga salah satu harkat atau tanda baca dihapus), Zayyinud-din, seolah-olah terpisah, Zayyinuddin Yahtirom, ininya hilang (harkat)," ungkap Ustadz Abdul Somad.

Asal katanya Zayyinud, A Dunya, Yahtirom, hiasilah dunia ini dengan sikap saling menghormati. "Tapi, kemudian saat pengucapannya, 'Zayyinuddin Yahtirom'," jelas Ustadz Abdul Somad.

Usai memaparkan kalimat tersebut, Ustadz Abdul Somad melafadzkan bait reff dalam lagu Deen As Salaam. "Ab’tahiyah wabsalaam, Ansyuruu ahlal kalaam zainuudiin yah tirom," ucap Ustadz Abdul Somad.

"Kata UAS, yang benar Zayyinuddin Yahtirom. Bukan : Jaenudin Nachiro. Jadi.... Tartil nya pak @jokowi , seperti apa ya pak @lukmansaifuddin?," tulis Nana dalam akun Twitter yang menjadi salah satu kicauan terpopuler.

Seperti diketahui, sebelumnya, istilah Jaenudin Nachiro seketika viral usai video Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat dia memberikan sambutan di acara Penutupan Bintang Vokalis Qasidah Gambus Tingkat Nasional ke-XXIII yang digelar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (29/11/2018), yang beredar luas.

Ketika itu, Jokowi-sapaan Joko Widodo; menyanyikan lagu berjudul 'Deen As Salaam' milik grup musik gambus Sabyan.

Namun, Jokowi salah mengucapkan salah satu bait dalam lagu tersebut, yakni Jaenudin Nachiro yang seharusnya Zayyinuddin Yahtirom.

Merujuk hal tersebut, Jaenudin Nachiro kini dijadikan bahan lelucon masyarakat di media sosial.

Soalnya berbeda makna dengan kalimat Zayyinuddin Yahtirom yang berarti hiasilah dunia dengan sikap hormat. (R02/Tribun)

Listrik Indonesia

#Ustadz Abdul Somad

Index

Berita Lainnya

Index