Putri Cantik Hary Tanoesoedibjo Didorong Jadi Menteri, Pengamat: Parpol yang Tidak Lolos PT Hanya Dapat Jatah Dubes

Putri Cantik Hary Tanoesoedibjo Didorong Jadi Menteri, Pengamat: Parpol yang Tidak Lolos PT Hanya Dapat Jatah Dubes
Angela Herliani Tanoesoedibjo

RIAUSKY.COM - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) mengusulkan putri Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Angela Herliani Tanoesoedibjo menjadi menteri di kabinet Joko Widodo-Maruf Amin.

Perindo bersama PSI, PBB dan Partai Hanura adalah empat partai politik pendukung Jokowi-Maruf pada Pemilu 2019 yang tidak lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) sebesar 4 persen.

Pengamat politik dari Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin mengatakan, sah-sah saja parpol pengusung pemenang pilpres mengusulkan nama-nama calon menteri. Tapi, penentuannya tetap ada di tangan Jokowi.
 
"Menteri itu tergantung Presiden," ujar Ujang sebagaimana dikutip dari Kantor Berita RMOL, Senin (1/7).

Menurut Ujang, parpol yang tidak punya perwakilan di parlemen tetap dapat "bagian", tapi bukan kelas menteri melainkan duta besar atau direktur dan komisaris di BUMN.

"Biasanya, parpol yang tidak lolos parlemen hanya dapat jatah dubes atau direktur dan komisaris BUMN," tutupnya.

Nama Angela Tanoesoedibjo digadang-gadang sebagai salah seorang kandidat menteri setelah ada wacana Jokowi bakal mempertimbangkan mengangkat menteri dari kalangan milenial.

Sekjen Perindo Ahmad Rofiq mengatakan bahwa apabila pihaknya diminta mengirimkan nama untuk dijadikan menteri, maka Perindo akan mengajukan Angela Tanoesoedibjo. Menurutnya, Angela Tanoe merupakan sosok yang tepat dalam merepresentasikan keinginan Jokowi untuk memasukkan menteri dari kalangan muda dan berprestasi. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index