Amien Rais Sebut Pemindahan Ibu Kota RI Persembahan untuk Beijing

Selasa,03 September 2019 | 13:51:30 WIB
Amien Rais Sebut Pemindahan Ibu Kota RI Persembahan untuk Beijing
Ket Foto : Amien Rais

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Politikus senior PAN Amien Rais mengkritik rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur (Kaltim). 

Amien menilai pemindahan ibu kota bisa mempercepat pengambilalihan kedaulatan RI oleh China.

"Saya pikir ini ibu kota itu mempercepat pengambilalihan kedaulatan oleh Republik Rakyat China. Sekali lagi, Xi Jinping ini lebih hebat dari Mao Zedong," kata Amien dalam seminar 'Menyoal Rencana Pemindahan Ibu Kota' di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

"Xi mengatakan bahwa kalau negara-negara Barat bisa menduduki negara lain, negara-negara Barat dalam era kolonialisme bisa menjajah negara lain, mengapa kita tidak?" imbuh dia.

Dia menuding pemerintah bukan menunggu kajian Bappenas untuk memindah ibu kota. Namun, kata Amien, pemerintah menunggu studi Beijing.

"Sesungguhnya memindah Jakarta bukan karena menunggu studi Bappenas, tapi studi Beijing. Itu jelas sekali," ujarnya.

"Saudara sekalian, di dunia ini ada struggle for global supremacy, struggle for global hegemony antara Amerika dan Tiongkok. Kemudian Tiongkok ini sekarang dari segi military power sudah hampir neck on neck, hampir sama," tegas Amien.

Karena itu, Amien meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatalkan rencana pemindahan ibu kota. Dia meminta pemerintah tidak perlu berbasa-basi.

"Jadi pesan kita dari ruang ini kepada Pak Jokowi, tentu nggak usah basa-basi ditinjau kembali dan lain-lain. Jadi dibatalkan, selesai. Kita orang melayu tanpa ada basa-basi," tutur Amien dilansir dari detik.com.

Jika pemerintah tetap memindahkan ibu kota, maka Amien menilai hal itu dilakukan demi pemerintah China.

"Kalau mereka tetap akan mindah ibu kota padahal dipersembahkan untuk Beijing, ini pertanda memang Wallahu Alam," tutur Amien.(R04)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS