Gibran Maju Pilwali Solo 2020, Pengamat: Jangan sampai Anak Jokowi Lawan Kotak Suara Kosong

Gibran Maju Pilwali Solo 2020, Pengamat: Jangan sampai Anak Jokowi Lawan Kotak Suara Kosong
Gibran Rakabuming Raka memakai sarung saat menjadi pembicara Talkshow Ngaji Eknomi Kreatif di Pondok Pesantren Al Muayad Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

RIAUSKY.COM - Niat politik Gibran Rakabuming Raka yang juga putra Presiden Jokowi maju di Pilwali Solo menuai pro dan kontra.

Kabarnya, kehadiran putra Jokowi itu disinyalir bentuk dari kerinduan warga Solo terhadap sosok Jokowi pada delapan tahun silam. Tepatnya sebelum Jokowi bertarung di Pilgub DKI Jakarta 2012.

Terkait dengan hal itu, Direktur Indonesia Popular Survey Silvanus Alvin memprediksi Gibran memiliki peluang besar untuk terpilih di Pilwali Solo. 

Semua itu tidak terlepas dari sosok Jokowi yang kini menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

“Siapa yang tidak kenal Gibran anak Jokowi atau gibran ayah Jan Ethes. Terlebih dalam beberapa kesempatan, Gibran juga menemani aktivitas politik bersama Jokowi,” ujar Alvin seperti dikutip dari JawaPos.com, Rabu (11/12).

Alvin menilai, potensi Gibran bisa menang di Pilwali Solo karena masyarakat setempat merindukan sosok Jokowi. Dilihat dari data Pilpres 2014, suara Jokowi di Solo mencapai 82 persen. Disinyalir Jokowi effect akan turun kepada anaknya, Gibran.

“Warga Solo masih merindukan sosok Jokowi di sana. Nah Bila Gibran bisa menghadirkan sosok ayahnya maka kemenangan di Solo itu bisa dia kunci,” katanya.

Kini Gibran cukup melakoni blusukan keliling Solo. Jangan sampai terlena dengan Jokowi efek. Dia pun harus bekerja keras keliling Solo, menyapa, berkomunikasi, memahami masalah di Solo.

“Gibran perlu memberikan solusi khas milenial yang penuh terobosan untuk Kota solo, karena Gibran pun termasuk generasi milenial,” tambahnya.

Terkait munculnya politik dinasti Jokowi di Solo, menurut Alvin, tidak ada yang salah. Sepanjang prosesnya dilakukan secara demokratis melalui pemilihan jujur bersih dan adil, maka tidak ada masalah Gibran maju di pilkada.

“Jangan sampai Gibran nanti lawan kotak suara kosong. Masyarakat di Solo juga harus melihat kampanye maupun pesan-pesan politik apa yang ditawarkan Gibran. Jangan modal populer saja maka ia (Gibran) dipilih,” ungkapnya.

Sebelumnya, Gibran menyatakan kesediaan maju sebagai calon Wali Kota Solo dalam Pilkada Serentak 2020. Bahkan Gibran mendaftar menjadi kader PDIP dan sowan ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri‎. (R01)

Sumber: Jawapos.com

Listrik Indonesia

#gibran wali kota solo

Index

Berita Lainnya

Index