Heboh! Bayi Ini Diberi Nama 'Alhamdulillah Rejeki Hari Ini'

Heboh! Bayi Ini Diberi Nama 'Alhamdulillah Rejeki Hari Ini'

RIAUSKY.COM - Lahir 7 September 2019 lalu, nama bayi ini membuat banyak orang heran sekaligus ingin tertawa karena keuinikannya.

Ya, bayi ini diberi nama oleh orang tuanya 'Alhamdulillah Rejeki Hari Ini' yang merupakan buah hati dari Rahadi Yanto Edi Saputro.

"Memang benar ada warga DI Yogyakarta yang memiliki nama unik itu. Jadi, bayi tersebut terdaftar dalam Kartu Identitas Anak (KIA) yang lahir di Sleman. Karena orang tua terdaftar sebagai warga Kota Yogyakarta, bayi tersebut memiliki identitas sebagai warga kota (Yogyakarta)," kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Yogyakarta, Bram Prasetiyo, Senin (3/2/2020).

Bram menjelaskan, pihaknya tak mempermasalahkan dengan adanya nama unik itu. Apalagi, nama tersebut terdengar seperti sebuah doa yang baik.

"Ya kami (Disdukcapil) tak punya wewenang untuk menolak dengan keinginan orang tua saat menamai bayinya. Itu menjadi hak perogratif orang tua untuk menamai anak yang baik, jangan memberi nama unik namun kesannya negatif, contohnya iblis," katanya.

Bayi itu terhitung berusia sekitar lima bulan. Orang tua anak diketahui memiliki rumah di Jalan KS Tubun, Kampung Nagampilan, Kelurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta.

"Dari data kependudukan orang tua anak beralamat di Jalan KS Tubun nomor 103, RT 13/RW 03, Ngampilan. Lahirnya anak baru September tahun lalu," jelasnya dikutip dari suara.com.

Ia menyebut tak mempermasalahkan terkait pemberian nama-nama yang unik asalkan syarat dan ketentuannya untuk pembuatan kartu identitas diri hingga akta memenuhi syarat.

"Nama anak kembali ke pilihan masing-masing orang tua. Namun selama ada syarat seperti kk orang tua lalu Kartu Tanda Pengenal  (KTP), pembuatan akta itu tetap kami layani," ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, mantan ketua RT 13, Aisyah (67) mengakui bahwa warganya tersebut pernah tinggal tepat di sisi timur rumahnya. Rahadi Yanto saat ini tak berada di alamat yang tertera pada data Disdukcapil dan sudah berdomisili di Kasongan, Bantul.

"Iya warga yang berada Rahadi Yanto itu memang sejak kecil hidup di lingkungan ini. Jadi tinggalnya di sebelah rumah saya dan saat ini rumahnya disewakan kepada orang lain untuk membangun usaha warung makan. Rahadi sekarang tinggal di Bantul, tepatnya di perumahan Puspa Indah Kasongan, Bantul," jelasnya.

Disinggung terkait nama tak biasa anak kandung Rahadi, Aisyah tak mengetahui secara jelas. Namun pihaknya menduga hal itu lantaran Rahadi lama belum memiliki anak.

"Saya tak tahu pasti dia menamai anak itu karena apa, namun karena kami cukup dekat dengan mereka saat tinggal di Ngampilan, mungkin hal tersebut merupakan hadiah setelah sekian lama tak memiliki anak. Tapi saya tak tahu secara pastinya," ungkap dia.

Rumah Rahadian memang bukan untuk tempat tinggal. Rumah bernomor 103 tersebut dimanfaatkan untuk berjualan warung makan orang lain. 

Meski tak tinggal di Ngampilan, Aisyah menuturkan, Rahadian pernah mengunjungi kampung kelahirannya untuk mengurus akta dan dokumen kependudukan.

"Ya sudah jarang ke sini, beberapa kali datang hanya mengurus dokumen akta. Saat ini tinggal di rumahnya yang ada di Bantul," katanya. (R04)

Suara.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index