Politisi Gerindra Ini Sebut Indonesia Butuh Waktu 3 Tahun untuk Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19

Politisi Gerindra Ini Sebut Indonesia Butuh Waktu 3 Tahun untuk Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19
Kamrussamad

RIAUSKY.COM - Politisi yang juga anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Gerindra, Kamrussamad, menilai pemerintah Indonesia memerlukan waktu tiga tahun untuk memulihkan perekonomian nasional usai dilanda pandemik virus corona baru (Covid-19).

Hal itu katakannya setelah mencermati Perppu 1/2020 tentang kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan untuk penanganan pandemik Covid-19. 

Di dalam Perppu 1/2020, jelas Kamrussamad, secara tekstual mencantumkan bahwa defisit anggaran maksimal hanya 3 persen dan akan dikembalikan pada 2023 mendatang. 

“Artinya pada tahun 2021, 2022, dan 2023 pemerintah akan mengubah kebijakan postur APBN dan kebijakan-kebijakan fiskal lainnya. Sesuai dengan kondisi yang dinamis di lapangan,” papar Kamrussamad saat menjadi panelis di acara diskusi Lembaga Survei KedaiKopi, Rabu (29/4).
 
Pemulihan ekonomi akibat Covid-19 ini, menurut Kamrussamad, memerlukan stamina yang panjang serta kebijakan yang tepat agar bisa bertahan dalam menggairahkan ekonomi nasional pascapandemik. 

“Dengan kebijakan relaksasi kredit, bunga dan pokok di perbankan yang jika dalam tiga bulan ini tidak ada keputusan pemerintah berkaitan dengan penguatan likuiditas mereka, kita tidak begitu yakin bisa survive sampai kuartal III tahun ini,” tutupnya. (R01)

Sumber: Rmol.id

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index