Prestasi Internasional, Bersama Gubernur Tokyo, Anies Baswedan Dipercaya Jadi Komite Pengarah C40 Cities

Prestasi Internasional, Bersama Gubernur Tokyo, Anies Baswedan Dipercaya Jadi Komite Pengarah C40 Cities
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Meski dalam kondisi perawatan setelah terinfeksi virus corona Covid-19, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih menorehkan prestasi. 

Anies ditunjuk sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities bersama Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, dalam penetapan di London, Inggris, Sabtu (4/12/2020). 

C40 Cities merupakan jaringan yang menghubungkan 97 kota besar dunia yang telah berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah progresif terkait perubahan iklim 

Apa itu C40 Cities?

Melansir laman resmi C40 Cities, C40 adalah jaringan kota besar di dunia yang berkomitmen untuk mengatasi perubahan iklim. 

Mereka mendukung kota untuk berkolaborasi secara efektif, berbagi pengetahuan, dan mendorong tindakan yang bermakna, terukur, dan berkelanjutan terkait perubahan iklim. 

Disebutkan, C40 Cities menghubungkan 97 kota terbesar di dunia untuk mengambil tindakan iklim yang berani, memimpin jalan menuju masa depan yang lebih sehat dan berkelanjutan. 

Jakarta menjadi salah satu kota yang bergabung dengan program ini. 

Program ini mewakili lebih dari 700 juta warga dan seperempat ekonomi global. 

Wali kota di kota-kota C40 berkomitmen untuk mewujudkan tujuan paling ambisius dari Perjanjian Paris di tingkat lokal, serta untuk membersihkan udara yang dihirup. 

Adapun program yang sedang berlangsung terbagi dalam kategori Keuangan Kota, City Intelligence, Diplomasi, Direct Support, Pengukuran & Perencanaan, Program, Bisnis & Inovasi, serta Proyek Khusus.

Awal tahun ini, Anies disebut-sebut berperan penting dalam mendukung Jakarta untuk meluncurkan program ambisius, Clean Air Partnership.  

Yaitu program untuk menangani polusi udara dan meningkatkan kesadaran akan dampak kesehatannya. 

Sebagai ketua dan wakil ketua, Koike dan Anies akan mendukung walikota C40 Cities saat mereka bekerja sama untuk mewujudkan pemulihan hijau dan adil dari pandemi Covid-19 dan mengatasi krisis iklim. 

“Jakarta bertekad untuk memperluas jangkauan C40 untuk bekerja dengan kota lain dan pemangku kepentingan menuju tujuan penerapan aksi iklim transformatif yang mengikuti Perjanjian Paris," kata Anies dikutip dari laman C40 Cities.


Dukungan Netizen

Tanda pagar Anies mendunia menjadi trending topic di Twitter, Sabtu (5/12/2020). 

Netizen ramai-ramai mengapresiasi terpilihnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities.

Tagar Anies mendunia ramai dikicaukan netizen untuk merespons pengumuman C40 Cities di London, Inggris, Jumat 4 Desember 2020. 

Anies menjadi Wakil Ketua Komite Pengarah C40 bersama Gubernur Tokyo, Yuriko Koike.

Sebagai Wakil Ketua C40 Anies kemudian memberikan arahan strategis dalam rangka mengatasi krisis iklim untuk jaringan global meliputi 97 kota terbaik di dunia. 

Penunjukan Anies itu pun menuai reaksi luas dari warganet. Di Twitter, netizen ramai-ramai memberikan selamat dan dukungan, disertai tagar #AniesMendunia. Mereka menggangap penunjukan ini merepresentasikan salah satu kinerja Anies.(R04)

Sumber Berita: Kompas.com/okezone.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index