Petinggi Gerindra Juga Siap Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Habib Rizieq Shihab

Petinggi Gerindra Juga Siap  Jadi Penjamin  Penangguhan Penahanan Habib Rizieq Shihab
Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburrahman

JAKARTA (RIAUSKY.COM)-  Waketum Partai Gerindra Habiburokhman bersedia menjadi penjamin penangguhan penahanan Habib Rizieq Shihab.

Habiburokhman menyakini Habib Rizieq tak akan melarikan diri.

"Pak Kapolri yang baik, Ini di luar konteks substansi perkara kerumunan dan di luar konteks politik apapun. Saya yakin Habib Rizieq tidak akan melarikan diri dan saya bersedia menjamin penangguhan penahanan beliau," kata Habiburokhman melalui akun Twitter-nya, @habiburokhman, Minggu (13/12/2020).

Dalam keterangan terpisah, Habiburokhman menyadari penyidikan yang saat ini sedang dilakukan Polda Metro Jaya tidak boleh diintervensi. 

Namun, anggota Komisi III DPR RI itu mengingatkan bahwa Kapolri Jenderal Idham Azis pernah menyampaikan perihal opsi penahanan dalam kasus kerumunan terkait pandemi COVID-19 merupakan pilihan terakhir.

"Kami tidak bisa intervensi kerja Polri, penahanan itu hak penyidik. Namun demikian kami perlu ingatkan pernyataan Pak Kapolri di awal pandemi tempo hari bahwa penahanan dilakukan sebagai opsi yang paling terakhir," sebut Habiburokhman.

Dalam kasus Habib Rizieq, Habiburokhman menyarankan Polri mempertimbangkan penangguhan penahanan dengan tiga alasan. 

Yang pertama, pascakerumunan saat penjemputan Habib Rizieq telah berulangkali mengingatkan pendukungnya untuk tidak berkerumun, reuni 212 dibatalkan dan pendukung diminta tak temani datang ke Polda Metro Jaya.

"Yang kedua, bisa diminta komitmen kepada Habib Rizieq dan lawyer-nya agar datang tiap kali ada panggilan pemeriksaan. Yang ketiga, saya yakin hampir semua alat bukti sudah disita oleh penyidik, karena itu tidak mungkin Habib Rizieq bisa hilangkan alat bukti," papar juru bicara Gerindra itu.(R04)

Sumber Berita: detik.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index