5 Sayuran Penurun Kolesterol Terbaik Menurut Ahli

Kamis, 08 Desember 2022 | 13:21:47 WIB
5 Sayuran Penurun Kolesterol Terbaik Menurut Ahli
Ket Foto : Ilustrasi bayam

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Kadar kolesterol yang tinggi adalah masalah. Jika sudah begitu, Anda perlu mencari cara untuk menurunkan kolesterol.

Ada banyak cara alami untuk menurunkan kolesterol. Salah satunya dengan mengonsumsi sayuran penurun kolesterol.

Kadar kolesterol sendiri bisa jadi masalah yang kompleks. Di satu sisi, Anda membutuhkan kolesterol agar fungsi organ tubuh berjalan dengan baik.

Namun di sisi lain, kadar kolesterol yang melampaui batas justru bisa memicu masalah kesehatan dan mengganggu kerja organ tubuh.

Dalam kondisi normal, kolesterol seharusnya tak melebihi kadar 125-200 mg/dL pada pria dan wanita usia 20 tahun ke atas.

Sayuran Penurun Kolesterol

Jika kadar kolesterol Anda terpantau melebihi batas aman, segera lakukan beberapa upaya untuk menurunkannya. Salah satu upaya yang paling jelas dan mudah bisa dilakukan adalah dengan mengontrol asupan makanan.

Anda bisa mengonsumsi beberapa sayuran penurun kolesterol berikut yang direkomendasikan oleh para ahli diet. Jangan lupa masukkan daftar sayuran berikut ke dalam menu makan harian.

1. Bayam

Bayam dikemas dengan banyak vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, utamanya dalam hal menjaga kesehatan jantung.

Melansir Eat This Not That, serat dalam bayam dapat membantu kadar kolesterol jahat yang beredar dalam darah. Pasalnya, serat dan kolesterol akan saling menempel satu sama lain sehingga bisa dikeluarkan secara alami dari tubuh.

Bayam menjadi salah satu sayuran berserat tinggi yang bisa Anda konsumsi. Anda juga bisa mengonsumsi sayuran hijau lainnya seperti sawi.

2. Asparagus

Asparagus mengandung vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk kesehatan kardiovaskular.

Kaya akan folat, asparagus dapat menurunkan kadar homosistein dalam tubuh yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kadar kolesterol yang tinggi sendiri dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.


3. Brokoli

Bukan rahasia lagi, brokoli adalah superfood yang bisa menjaga kesehatan jantung Anda.

Brokoli juga ampuh menurunkan kadar kolesterol karena kandungan serat dan vitamin C yang tinggi. Tak cuma itu, brokoli juga mengandung beta-karoten yang membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat dalam aliran darah.

4. Kubis Brussel

Kubis Brussel dikemas akan senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung.

Tak cuma itu, kubis Brussel juga merupakan sumber vitamin C yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah.

5. Artichoke

Sayuran satu ini kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu mengelola kadar kolesterol dalam darah.

Artichoke kaya akan serat, magnesium, dan senyawa antioksidan. Artichoke juga kaya akan vitamin K yang dapat membantu mencegah penggumpalan darah dalam arteri.

Demikian beberapa sayuran penurun kolesterol yang bisa jadi pilihan menu harian Anda. Selamat mencoba!(R02)


Sumber Berita: cnnindonesia.com


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS