Dikalahkan Vietnam 2-0, Timnas Indonesia Tersingkir dari Perebutan Final AFF 2022

Dikalahkan Vietnam 2-0, Timnas Indonesia Tersingkir dari  Perebutan  Final AFF 2022
Salah satu momen gol kedua Vietnam ke gawang Indonesia. Indonesia kalah 2-0 dari Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) / Sumber Foto: tangkapan layar

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Asa Timnas Indonesia melaju ke Final AFF 2022 kandas di tangan Vietnam.

Bermain di depan khalayaknya sendiri di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1), Vietnam membuyarkan semua mimpi Indah Indonesia dengan kedudukan akhir pertandingan 0-2.

Nguyen Tien Linh menjadi penentu laju Vietnam menuju Final  dengan membuat dua gol cepat pada babak pertama dan babak kedua pertandingan.

Gawang Indonesia sudah lebih dulu kebobola begitu pertandingan baru berlangsung 3 menit.

Nguyen Tien Linh berhasil memanfaatkan kelengahan lini pertahanan Indonesia dan terbebas dari jebakan offside.

Lewat sebuah tendangan keras, Tien Linh berhasil mengoyak jala gawang Timnas Indonesia yang dikawal  Nadeo Argawinata.

Kedudukan berubah 1-0 untuk tuan rumah Vietnam.

Pertandingan di babak pertama memang langsung berubah panas. Duel antar pemain dalam penguasaan bola dan serangan terus terjadi.

Bahkan, pada menit ke 34, wasit Yusuke Araki terpaksa menghadiahi  Asnawi Mangkualam dengan sebuah kartu kuning.

Sebaliknya, perseteruan keras kedua pemain kembali berlanjut setelah pemain Vietnam Doan Van Hau kembali berlanjut sehingga kembali berbuah kartu kuning untuk Van Hau pada menit ke 39.

Salah satu peluang serangan Indonesia sempat diperoleh lewat sundulan kepala Aryanto pada masa injury time babak pertama.

Namun, serangan tersebut tidak berbuah gol dan kedudukan tetap bertahan 1-0 untuk keunggulan Vietnam pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia kembali dibuat harus rela memungut bola dari gawang sendiri setelah lagi-lagi  Tien Linh menggetarkan gawang yang dikawal Nadeo.

Tepatnya pada menit ke 47,  Tien Linh berhasil menggetarkan gawang Indonesia lewat sundulan kepala  ke arah pojok kiri atas gawang Indonesia.

Stadion My Dinh, Hanoi pun kembali membahana, tuan rumah unggul dengan kedudukan 2-0.

Vietnam nyaris menggandakan gol pada bebak kedua lewat tendangan keras Pham Tuan Haidi menit ke 59. Syukurnya bola tersebut berhasil dimentahkan penjaga gawang Indonesia Nadeo.

Sebenarnya, Indonesia cukup menguasai jalannya pertandingan pada babak kedua. Namun, serangan yang sering mentah di tengah lapangan dan ketatnya pengawalan para pemain Vietnam menyebabkan Indonesia kesulitan untuk memperkecil kekalahan.

Masuknya Witan Sulaiman dan Ilija Spasojevic tak banyak membawa pengaruh untuk hasil akhir membobol gawang Vietnam.

Hingga peluit panjang ditiupkan, Vietnam unggul dengan kedudukan akhir 2-0 atas Tim Merah Putih dan memastikan diri sebagai tim pertama yang lolos ke babak final AFF 2022.

Vietnam akan menunggu hasil pertandingan antara Thailand menghadapi Malaysia.(R04)

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index