Manfaat Teh untuk Wajah yang Jarang Diketahui

Manfaat Teh untuk Wajah yang Jarang Diketahui
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, teh juga baik untuk kulit wajah. Manfaat teh untuk wajah ini diketahui berasal dari beragam senyawa dan sifat antioksidan di dalamnya. Bahkan, kandungan kafein di dalam teh mampu mencerahkan kulit yang kusam.

Teh memiliki rasa dan aroma yang menyegarkan, sehingga kerap menjadi minuman favorit banyak orang. Teh juga diketahui mengandung banyak nutrisi maupun zat yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk kulit wajah.

Guna mendapatkan manfaat teh untuk wajah, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau menggunakan produk perawatan kulit tertentu yang mengandung teh, seperti masker.

Berbagai Manfaat Teh untuk Wajah
Berbagai manfaat teh untuk wajah dapat Anda peroleh dari berbagai jenis teh, seperti teh hitam atau teh hijau. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Mencerahkan kulit
Penggunaan produk perawatan kulit dengan kandungan teh bisa membantu mencerahkan kulit. Manfaat teh untuk wajah ini bisa diperoleh berkat kandungan kafein di dalamnya yang baik untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit.

Selain itu, teh juga mengandung gallic acid yang bersifat antioksidan sehingga dapat menekan produksi melanin di kulit. Efeknya, kulit akan tampak lebih cerah.

2. Mengatasi mata panda
Ada banyak cara mengatasi lingkar hitam di bawah mata, salah satunya dengan kompres mata menggunakan kantung teh basah. Kandungan kafein yang ada di dalam teh dapat menyempitkan pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata. Dengan begitu, tampilan mata panda pun bisa tersamarkan.

Selain mata panda, keluhan mata bengkak dan bintitan juga bisa diredakan dengan mengompres mata menggunakan kantung teh yang basah.

3. Mencegah munculnya jerawat
Untuk mencegah munculnya jerawat, Anda disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan teh. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan polifenol dalam teh, khususnya teh hijau, bersifat antioksidan, antikuman, dan antiradang.

Berbagai kandungan tersebut dapat melawan kuman penyebab jerawat di kulit, mengurangi kemerahan pada kulit saat jerawatan, serta mencegah pori-pori tersumbat sehingga jerawat tidak makin parah atau muncul kembali.

4. Meminimalkan kerusakan kulit
Penelitian menunjukkan bahwa senyawa tanin dapat mencegah munculnya kerutan, keriput, dan warna kulit tidak merata akibat paparan sinar matahari. Artinya, penggunaan teh pada kulit dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan kulit karena teh termasuk salah satu sumber makanan yang mengandung tanin.

5. Menjaga kelembapan kulit
Untuk kelembapannya selalu terjaga, kulit harus ternutrisi dengan baik. Teh menjadi salah satu nutrisi penting yang mampu menjaga kelembapan kulit karena di dalamnya mengandung vitamin E. Vitamin ini diketahui mampu mengunci kelembapan dan membuat kulit menjadi lebih halus.

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat teh untuk wajah dari luar, cara terbaiknya adalah menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung teh. Namun, sebelum mengoleskan produk dengan kandungan ini ke kulit wajah, Anda dianjurkan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu.

Caranya, oleskan produk berbahan teh ke area siku bagian dalam dan diamkan selama 24–48 jam. Bila tidak ada reaksi alergi yang muncul, seperti gatal, kemerahan, atau bentol-bentol, Anda bisa menggunakan produk perawatan yang mengandung teh sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan.

Bila ingin membuat masker teh sendiri di rumah, Anda dapat menyeduh teh ke dalam secangkir gelas, lalu diamkan selama 1 jam. Setelah dingin, keluarkan daun teh dari kantungnya, lalu oleskan ke wajah. Bila ingin mendapatkan manfaat lebih, Anda bisa mencampur masker teh ini dengan bahan lain, seperti madu.

Beragam manfaat teh untuk wajah dapat diperoleh dengan banyak cara. Jika sudah mencoba menggunakan teh sebagai bagian dari perawatan kulit wajah tetapi tidak juga merasakan manfaatnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan lain yang sesuai dengan kondisi kulit.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index