Maag Kambuh dan Cara Ampuh Mengatasinya

Maag Kambuh dan Cara Ampuh Mengatasinya
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Ciri-ciri maag kambuh bisa dikenali sejak awal agar penanganan yang tepat bisa segera dilakukan. Dengan begitu, gejala maag kambuh yang mengganggu bisa teratasi dan Anda pun bisa kembali menjalani aktivitas sehari-hari.    

Sakit maag atau dispepsia umumnya bersifat ringan dan bisa menghilang dengan perawatan sederhana. Meski begitu, gejalanya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan bisa sering kambuh, terutama bila penderitanya tidak menjaga pola makan dengan baik.

Pola makan yang bisa menyebabkan kekambuhan atau memperburuk kondisinya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak, makanan asam, dan makanan pedas, serta minum minuman berkafein, bersoda, dan beralkohol.

Selain itu, ada beberapa hal yang juga dapat memicu maag kambuh, seperti:

Sering telat makan, makan terlalu cepat, atau langsung tidur setelah makan
Pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan kurang tidur
Stres berlebihan atau masalah kejiawaan, seperti gangguan kecemasan dan depresi
Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat pereda nyeri, antibiotik, dan obat kortikosteroid
Penyakit tertentu, seperti penyakit asam lambung (GERD), sindrom iritasi usus besar, dan infeksi bakteri Helicobacter pylori
Ciri-Ciri Maag Kambuh
Saat maag kambuh, ada beberapa tanda atau ciri dispepsia yang bisa dikenali, yaitu:

Nyeri ulu hati
Sakit perut di bagian kiri atas
Perut kembung
Perut terasa kenyang meski baru makan sedikit
Perut terasa tidak nyaman setelah makan
Sering bersendawa atau kentut
Mulut terasa asam atau pahit
Mual atau muntah
Ciri-ciri maag kambuh tersebut bisa saja intensitasnya ringan, tetapi mungkin juga berat hingga mengganggu aktivitas, apalagi bila penderitanya tidak menjaga pola makannya atau tidak mampu mengendalikan stres yang dialami.

Cara Mengatasi Maag Kambuh
Meski umumnya tidak berbahaya, sakit maag perlu diatasi, terlebih jika sering kambuh. Penanganan untuk maag kambuh perlu disesuaikan dengan pemicu atau penyebabnya.

Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi maag kambuh, yaitu:

1. Hindari makan makanan dan minuman pemicu maag kambuh
Untuk mencegah sekaligus mengatasi sakit maag, Anda perlu menghindari konsumsi makanan yang memicu maag kambuh, seperti makanan berlemak, asam, dan pedas. Minuman yang mengandung soda, kafein, dan alkohol juga sebaiknya Anda hindari agar sakit maag bisa segera teratasi.

2. Konsumsi makanan secara perlahan dan dalam porsi yang kecil
Anda dianjurkan makan secara perlahan dan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil selama menderita sakit maag. Hindari pula berbaring setelah makan. Beri jeda setidaknya 3 jam antara waktu makan dan waktu tidur. Ini tidak hanya meringankan gejala maag saja, tetapi juga mencegah asam lambung naik.

3. Konsumsi makanan atau minuman untuk sakit maag
Beberapa makanan atau minuman bisa meredakan gejala maag kambuh. Misalnya, teh chamomile dapat meredakan rasa tidak nyaman di perut dan mengurangi produksi asam lambung berlebih.

Chamomile juga bersifat antiradang yang artinya mampu meredakan rasa sakit. Selain chamomile, makanan atau minuman yang mengandung jahe, daun mint, dan licorice juga dapat meredakan gejala penyakit maag.

4. Konsumsi obat-obatan
Beberapa obat dapat mengatasi maag kambuh yang Anda derita. Obat-obatan tersebut meliputi:

Antasida, untuk menetralkan asam lambung atau menekan produksinya yang berlebihan
Simethicone, untuk mengurangi gas di lambung
Antiemetik, untuk menekan mual dan muntah.
Penghambat pompa proton, seperti omeprazole dan lansoprazole, untuk menekan produksi asam lambung dan menyembuhkan luka di lambung, tetapi penggunaannya harus dengan resep dokter
Antibiotik, untuk mengatasi maag kambuh akibat infeksi bakteri, tetapi konsumsinya juga harus sesuai anjuran dokter
Antidepresan, untuk mengatasi maag kambuh yang dipicu oleh gangguan kecemasan, depresi, maupun gangguan panik
Sebelum konsumsi obat-obatan untuk maag kambuh, sebaiknya terapkan lebih dulu perawatan sederhana yang telah disebutkan di atas. Selama masa pemulihan, Anda juga disarankan untuk minum air putih setidaknya 2 liter setiap hari dan perbanyak istirahat.

Jika Anda mengalami ciri-ciri maag kambuh dan sudah menjalani penanganannya secara mandiri tetapi gejalanya menetap lebih dari 3 hari atau sering kambuh dalam waktu 2 minggu, sebaiknya periksakan ke dokter.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index