Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru dan DPTPH Gelar GPM Serentak di Holtimart Marpoyan

Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru dan DPTPH Gelar GPM Serentak di Holtimart Marpoyan
Kepala Dinas Pangan Kota Pekanbaru H. Maisisco meninjau pelaksanaan GPM di Holtimart Marpoyan Damai, Senin (1/4/2024) menjelang siang tadi.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru bekerja sama dengan Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTPH), Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Bank Indonesia, Sarana Pangan Madani melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak di Holtimart Kelurahan Air Dingin Kecamatan Marpoyan Damai, Senin (1/4/2024).

Dalam kegiatan tersebut, disediakan seumlah komoditas pangan yang memang sangat diperlukan masyarakat bukan saja untuk menghadapi momen Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi, namun juga untuk kebutuhan harian.

''Dinas Pangan Pekanbaru bersama Bapanas, DPTPH dan Bank Indonesia pada hari ini bersinergi untuk memastikan masyarakat di Air Dingin ini bisa mendapatkan pangan dengan mudah dan harga yang relatif terjangkau,'' ungkap Kepala DInas Ketahanan Pangan H. Maisisco selepas meninjau pelaksanaan GPM yang dirangkum bersamaan dengan Apel Siaga Hari Besar Keagamaan Jelang Idul Fitri 2024 yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting di lokasi GPM.

Total ada sekitar 6 ton komoditas pangan yang dihadirkan pada pelaksanaan GPM serentak ini. Adapun komoditas terbanyak yang disediakan adalah beras SPHP dengan jumlah sekitar 3 ton, disusul beras premium anak daro, belida,  gula, minyak goreng, cabai, bawang, daging ayam, daging sapi beku, kentang, sayuran, tepung juga beberapa jenis lainnya.

Maisisco mengharapkan dengan pelaksanaan GPM ini hendaknya dapat membantu  perekonomian masyarakat khususnya terkait harga dan ketersediaan  bahan kebutuhan pangan keluarga, menjelang Idul Fitri.

Ini juga sekaligus membuktikan bahwa pemerintah senantiasa hadir di tengah masyarakat untuk memastikan bahwa seluruh kebutuhan terkait pangan ini tercukupi dan terpenuhi untuk seluruh masyarakat.

''Dengan kegiatan ini juga kita berupaya mengawal dan membangun keseimbangan terhadap kebutuhan dan ketersediaan pangan sehingga bisa memperkecil potensi terjadinya permainan harga terhadap beberapa komoditas yang dikhawatirkan bisa terjadi di momen hari besar keagamaan ini,'' imbuh Maisisco.

Dia pun berharap kesempatan GPM ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan apa yang diperlukan di rumah.

''Tidak perlu melakukan aksi borong, apalagi sampai menimbulkan kepanikan. Karena saat ini, seluruh bahan kebutuhan pokok di Pekanbaru tersedia, stok aman dan lancar,'' tegas dia.

Dia juga memastikan, saat ini, harga komoditas pangan di Kota Pekanbaru juga relatif stabil, tidak ada yang mengalami lonjakan.

''Sampai hari ini, dari monitoring yang dilakukan setiap hari, di pasar-pasar tradisional, tidak ada harga komoditas yang mngalami kenaikan yang signifikan. Artinya, semuanya masih stabil, dan kita harapkan hingga menjelang Idul Fitri nanti, harga komoditas tetap terjaga,'' harap dia.

Sementara itu, dari pantauan di lokasi pelaksanaan GPM, harga komoditas pangan yang disediakan cukup murah dibandingkan dengan harga pasar.

Misalnya, beras SPHP dijual seharga Rp53.000 per kemasan 5 kilogram, beras anak daro Rp78.000 per kemasan 5 kilogram, gula pasar Rp15.000 per kilogram, minyak gorng Rp14.000 per liter, daging beku Rp82.000 per kilogram, tepung terigu Rp11.000 per kilogram, cabai merah Rp35.000 per kilogram,  bawang merah Rp31.000 per kilogram, bawang putih Rp32.000 per kilogram, telur Rp48.000 per papan, kentang Rp12.000 per kilogram, cabai rawit Rp15.000 per kilogram.

Selain komoditas tersebut, juga dijual aneka sayuran hasil produksi petani lokal Pekanbaru, komoditas filet ikan, bahan olahan ayam.

Hingga menjelang siang hari tadi, antrean ratusan warga, khususnya kaum ibu masih terus terjadi di lokasi pelaksanaan GPM di Holtimart Marpoyan Damai di Jalan Kaharuddin nasution itu.

Para kaum ibu mengaku senang bisa mendapat kesempatan berbelanja murah di GPM yang dilaksanakan Dinas Pangan Pekanbaru bersama DPTPH juga Bapanas ini.

''Alhamdulillah Pak, hari ini bisa belanja lebih hemat, disini cabai Rp35.000, di luar kan masih Rp45.000 per kilo, itu sangat membantu. Beras SPHP nya juga murah, Rp53.000, kan di luar Rp57.500, yang lain juga banyak yang murah, tepung terigu, Rp11.000 juga murah,'' ungkap Neni, salah seorang ibu yang ditemui.

Dia berharap kegiatan GPM ini bisa terus dilaksanakan pemerintah khususnya menjelang Idul Fitri, sehingga bisa meringankan beban ekonomi masyarakat untuk membeli bahan kebutuhan pangan keluarga.

Tampak hadir meninjau pelaksanaan GPM ini Asisten II Ingot Ahmad Hutasuhud, Kadis Ketahanan Pangan Pekanbaru H. Maisisco, Kadis Perindag Zulhelmi Arifin, Lurah Air Dingin Suci Trianingsih, perwakilan DPTPH Provinsi Riau serta stake holder lainnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi dan pengenalan penggunaan QRIS oleh jajaran Bank Indonesia yang menjadi pendukung pelaksanaan GPM di Kota Pekanbaru.(R04)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index