IPSTB Gelar Festival Perahu Hias, Meriahkan Hari Lebaran 1445 H Di Sedinginan Tengah

IPSTB Gelar Festival Perahu Hias, Meriahkan Hari Lebaran 1445 H Di Sedinginan Tengah

ROKAN HILIR (RIAUSKY.COM) - Dalam rangka memeriahkan hari lebaran Idul Fitri 1445 H, Ikatan Pemuda Sedinginan Tengah Bersatu (IPSTB) 
Kelurahan Sedinginan, Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir akan menggelarkan festival lomba perahu hias.

"Insya Allah, kalau tidak ada halangan dan dengan izin Allah swt. Kami dari Ikatan Pemuda Sedinginan Tengah Bersatu (IPSTB) akan membuat perlombaan festival perahu hias, untuk memeriahkan perayaan Idul Fitri 1445 H/2024 M mendatang. Selain perlombaan perahu hias, kami juga akan mengelar beberapa perlombaan, seperti panjat pinang, setidaknya, ada 8 batang pinang yang akan di buat. Dan banyak lagi perlombaan yang akan di buat," kata Usman Tambusai selaku ketua panitia kepada awak media, Selasa (2/4/24).

"Perlombaan perahu hias dan beberapa perlombaan lainnya, akan kita gelar pada Sabtu 13 April 2024 mendatang, tepatnya pada lebaran Idul Fitri ke 4. Semua kegiatan atau perlombaan akan di buat di Kelurahan Sedinginan, tepatnya di Kampung Tengah di lapangan MDA lama. Sementara untuk perahu hias kita buat di Sungai Rokan.

Kami mengajak dan menghimbau kepada masyarakat kita yang punya perahu, mari kita sama sama memeriahkan acara ini. Mari kita ikut serta dalam perlombaan perahu hias ini. Mungkin ini merupakan sejarah buat Rohil, khususnya di Kelurahan Sedinginan. Baru pertama sekali di adakan perlombaan perahu hias.

Nantinya, kami dari panitia akan menyediakan uang jutaan rupiah bagi pemenang di dalam perlombaan perahu hias. Sementara untuk perlombaan lainnya, kami juga telah menyediakan beberapa hadiah untuk para pemenang," ungkap Usman.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa Sedinginan Tengah merupakan daerah yang berada di tepian sungai Rokan. Kebanyakan mata pencarian masyarakat Kampong Tengah merupakan nelayan. Sehingga keberadaan perahu sangat erat dan dibutuhkan dalam aktivitas keseharian.

Oleh karena itu, selain sebagai sarana hiburan bagi masyarakat, lomba perahu hias ini dapat semakin memberikan semangat kepada masyarakat khususnya yang berada di bibir sungai Rokan untuk merawat dan memperindah perahunya. Sehingga bersemangat untuk mencari ikan.

Kami juga minta dukungan dari pemerintah, supaya acara kegiatan kami bisa terlaksana dengan baik dan sukses. Kami dari panitia juga mengucapkan ribuan terimakasih kami kepada masyarakat yang telah membantu kami,sehingga bisa nanti acara ini berjalan dengan baik,"jelas Usman.

Saat disingung masalah Dana, Usman mengatakan."Ya, dana baru terkumpul sekitar 4 juta, sementara dana yang dibutuhkan sekitar Rp 22 juta. Semoga ada saudara kita yang mau membantu, terutama pemerintah kita. Tapi percayalah, kalau kita berbuat atau bekerja dengan ikhlas, insyaallah hasil akan baik,"tutupnya.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index