Hari Ini Potensi Hujan Lebat Disertai Petir Terjadi di Wilayah Riau

Hari Ini Potensi Hujan Lebat  Disertai Petir Terjadi di Wilayah Riau
Ilustrasi hujan

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Hujan lebat disertai petir diperkirakan akan terjadi di sebagian besar wilayah Riau pada Jumat (19/4/2024) ini.

Kondisi curah hujan yang relatif tinggi pada hari ini juga diperkirakan berpotensi menyebabkan terjadinya banjir di beberapa kawasan.

Dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG), hampir tara-rata wilayah Riau pada hari ini diperkirakan akan diguyur hujan.

Hanya saja, potensi hujan dengan intensitas tinggi yang juga disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah-wilayah  seperti Pangkalan Kerinci, Pekanbaru, Rengat, Telukkuantan.

Adapun daerah-daerah seperti Bengkalis, Bangkinang, Bagansiapiapi, Bumai, Selatpanjang, Siak Sri Indrapura dan Tembilahan, walau pun terjadi hujan, namun intensitasnya diperkirakan rendah.

Potensi hujan di seluruh wilayah bisa terjadi baik itu pagi, siang, sore, malam bahkan pada dinihari.

BMKG sendiri telah merilis peringatan dini terkait potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disetai petir dan angin kencang yang dapat menyebabkan terjadinya banjir di wilayah Kampar, Rokan Hulu, Pelalawan, Bengkalis, Inhu, Inhil, Kepulauan Meranti, Siak, Dumai dan Pekanbaru yang bisa terjadi pada siang, sore, malam atau pun dinihari.

BMKG Stasiun Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sebelumnya juga  memperkirakan potensi cuaca ekstrem di Riau selama 16-21 April.

Berkaitan dengan itu, Warga diminta waspada terhadap bencana banjir, hujan es dan angin puting beliung.
Peringatan itu disampaikan Kepala Stasiun BMKG Meteorologi Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Irwansyah Nasution. Irwansyah mencatat potensi cuaca ekstrem yang akan terjadi di wilayah Riau.

Potensi cuaca ekstrem diperkirakan terjadi pada periode 16-21 April mendatang. Hal ini terjadi di wilayah Kota Dumai, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Rokan Hulu, Kampar, Kota Pekanbaru, Pelalawan, Kuantan Singingi, dan Indragiri Hilir.(R05)

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index