Pemko Pekanbaru MoU Pengawalan Penggunaan APBD Bersama Kejari

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menggelar kerjasama dengan Kejasaan Tinggi Riau untuk pengawalan terhadap penggunaan APBD Pekanbaru agar tidak menyalahi hukum dan menyebabkan ketakutan bagi kepala SKPD dalam menggunakan anggaran.

 
Sebelum MoU, Kejari melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada semua kepala SKPD Pekanbaru.
  
Kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru, Idianto, di Pekanbaru, Selasa (23/2) mengatakan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dibentuknya Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) kota Pekanbaru, berdasarkan keputusan kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru nomor, Kep-01/N.4.10/10/01/2016 tanggal 6 Januari 2016.
 
"TP4D dibentuk Jaksa Agung karena penyerapan anggaran sangat minim. Karena banyak SKPD dan PPTK yang takut berbuat dan melakukan kegiatan pelelangan proyek APBD," ujarnya.
 
Sebutnya, tujuan TP4D kejaksaan akan melakukan pengawalan setiap tahapan untuk pelaksanaan proyek mulai perencanaan pelelangan pelaksanaan sampai serah terima dan hingga pencatatan aset.
 
"Kami apresiasi Walikota meminta mau dikawal, artinya  bapak sudah mau menegakkan pemerintah anti korupsi" pungkasnya.
 
Sementara itu Walikota Pekanbaru, Firdaus, menyambut baik kerjasama ini demi memaksimalkan penyerapan APBD kota Pekanbaru. Ia meminta SKPD langsung menindaklanjuti kerjasama ini. Karena banyak Kepala daerah dan SKPD harus buat inovasi, disatu sisi hukum dibenarkan disisi lain tidak karena Bertentangan.
 
"Ini membuat kepala daerah dan SKPD ketakutan. Ada juga penafsiran yang berbeda oleh pihak hukum," ujarnya.

Wali kota  Dr.Firdaus ST, MT menandatangani MoU pengwalan APBD 2016 oleh Tim TP4D

Wali kota Pekanbaru Dr Firdaus ST MT berjabatan tangan Dengan Kepala Kejari Pekanbaru Idianto dalam MoU pengwalan APBD 2016

Wali kota Pekanbaru Dr.Firdaus ST,MT menyampaikan fungsi dan tugas TP4D kepada Jajaran PEjabat Pemko Pekanbaru

Kepala Kejari Pekanbaru Idianto  Memberikan Selayang Pandang Mengenai Fungsi Ta4D

Kepala Kejari Idianto Menandatangani MoU Pengawalan APBD Pemko Pekanbaru 2016