BLH Nilai Penerapan Plastik Berbayar Bisa Kurangi Limbah Plastik, Yakin?

BLH Nilai Penerapan Plastik Berbayar Bisa Kurangi Limbah Plastik, Yakin?
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pekanbaru menyebutkan sebenarnya penerapan plastik berbayar Rp 200 bisa mengurangi pemakaian kantong plastik. Namun demikian hingga kini, tidak memiliki angka pasti berapa pengurangan pemakaian plastik oleh masyarakat Pekanbaru.
 
"Untuk di Pekanbaru belum ada berapa berkurang (pemakaian plastik). Tapi rata-rata 5 persen sampai 25 persen pengurangan pemakaian plastik secara nasional," kata Zulfikri selaku Kepala BLH Pekanbaru, pada Jum'at (2/9/2016).
 
Tentang adanya ritel atau pusat perbelanjaan yang tidak tetapkan plastik berbayar, Zulfikri mengatakan hal tersebut dikembalikan ke pihak pedagang. "Terserah mereka, kalau ritelnya suruh stop, ya stop. Kalau lanjut ya lanjut," sebutnya.
 
Tentang nominal Rp 200 yang dipungut oleh ritel, sebut Zulfikri pihak pemerintah tidak bisa Ikut campur. "Untuk yang Rp 200, kita tidak boleh ikut campur. Itu diserahkan ke perusahaannya untuk program CSR. Seperti membantu Kegiatan sosial atau bersinergi dengan pemerintah. Itulah gunanya," ujarnya.
 
Hanya saja Zulfikri tetap berpesan kepada seluruh konsumen agar tetap mengurangi pemakaian plastik. Sebab limbah plastik butuh waktu seratus tahun untuk peleburan. "Makanya kita himbau bawa tas sendiri," tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index